Sarasehan Kebangsaan Sinergitas Generasi Lintas Agama Merawat Kerukunan

 

Sarasehan kebangsaan di GKJ Wonosobo. Kamis, ( 15/9/2022)


Kasihinfo.com Wonosobo -Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Tengah bersama dengan gerakan kebangsaan Watugong serta Gusdurian Wonosobo menyelenggarakan Sarasehan Kebangsaan Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Generasi Muda merupakan sinergitas antar elemen masyarakat untuk mewujudkan kerukunan.


Acara ini menghadirkan pimpinan Pondok Pesantren di Sapuran dan Pendeta Gereja Kristen Jawa (GKJ) pada Kamis, 15 September 2022 di GKJ Wonosobo.


Ketua FKUB Jateng, Taslim Syahlan, mengungkapkan bahwa Daerah Wonosobo sebagai cerminan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang sarat dengan  toleransi  antara masing-masing pemeluk agama.


"Hal ini terlihat adanya bermacam-macam rumah ibadah yang berdiri dalam satu desa, yang bisa hidup berdampingan satu sama lain,  rukun, toleransi dan saling pengertian" ungkapnya.


Kegiatan sarasehan ini juga mencerminkan kehidupan yang saling mengerti dan memahami karena di forum ini  merupakan percontohan nyata lantaran perwakilan semua agama di Wonosobo hadir di GKJ.


"Kegiatan ini lebih fokus  untuk penguatan moderasi beragama di kalangan generasi muda lintas agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.


" Kegiatan ini sebagai wujud sinergitas FKUB Jawa Tengah dengan berbagai elemen generasi muda antara lain Gusdurian, Pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Ahmadiyah, Pemuda Syiah, Pemuda Aboge, dan  Rohis SMA/SMK." katanya.


Sementara itu, Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa toleransi di Wonosobo hendaknya tidak hanya berhenti sebagai label. Akan tetapi dapat memicu semangat sehingga tertanam dan menjadi ruh bagi masyarakat Wonosobo sendiri.


"Kami berharap toleransi dan kebhinekaan di beberapa wilayah Wonosobo dapat dikembangkan menjadi wisata kebangsaan dan menginspirasi masyarakat Indonesia," tandasnya. ( *Moch.Isnaeni* )

Lebih baru Lebih lama