SDN 1 Mireng Trucuk, Bentuk Siswa Berkarakter Dan Berprestasi

 

Kasek SDN 1 Mireng Rahayu Slamet berfoto bersama para siswanya.

 

Kasihinfo.com Klaten - Sekolah sebagai salah satu solusi dalam membentuk siswa berkarakter. Salah satu caranya adalah melakukan kiat-kiat pencerdasan generasi penerus bangsa, tentu salah satunya melalui jalur sekolah.

 

Seperti yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Negeri 1 Mireng, Kecamatan Trucuk, Klaten Jawa Tengah misalnya, walaupun sekolah tidak berada di wilayah perkotaan, namun kualitas serta proses KBM dalam pembentukan karakter siswa tidak mau kalah dengan sekolah yang ada di perkotaan.

 

Kepala SD N 1 Mireng, Rahayu Slamet mengatakan jika dalam pembentukan karakter siswa, ada empat nilai yang dikembangkan yaitu : nilai agama, pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional dengan tetap mengacu pada kurikulum merdeka yaitu profil pelajar pancasila.

 

“ jadi kami dalam mendidik para siswa, tidak hanya fokus untuk tujuan pendidikan nasional saja, namun ada nilai lainnya yang kami berikan ke siswa, yaitu nilai agama, pancasila serta budaya” katanya.

 

Rahayu menambahkan jika berbagai prestasi telah diraih para siswa dari berbagai event yang diikuti. Diantaranya berbagai lomba cerdas cermat, kemudian ada siswa berprestasi, kemudian olimpiade saint. Selain itu ada ekstra pingpong atau tenis meja, mengingat ada salah satu guru yang menjadi pelatih sekaligus sering menjuarai berbagai kejuaraan tenis meja di beberapa event.

 

“ mengingat dukungan yang datang dari wali murid, ekstra di sekolah menjadi  bertambah, salah satunya sepak bola, mengingat di depan sekolah terdapat lapangan yang bisa digunakan untuk melaksanakan ekstra sepak bola. selain itu ada ekstra seni tari, ada ekstra karate, ada drumb band. untuk keagamaan ada ekstra tahfizh dan tilawa” jelas Bu Kasek SDN 1 Mireng tersebut. 

 


 

Untuk saat ini jumlah siswa di SD N 1 Mireng ada 195 siswa. ekstra yang menonjol yaitu ekstra seni tari dan tenis meja.  Rahayu berharap, semoga kepercayaan para orang tua dan wali murid semakin bertambah, sehingga akan semakin banyak para siswa yang akan menyekolahkan di sekolah setempat.

 

“ kami berharap semakin tambah kepercayaan para orang tua wali murid untuk menyekolahkan di SDN 1 Mireng ini, untuk mengantarkan para siswa maju ke masa depan yang gemilang” Pungkas Rahayu.

 

Lebih baru Lebih lama