Peringati Hari Toleransi FSST Gelar Pertunjukan Tari "Indahnya Kebhinekaan Nusantara"

 



Kasihinfo.com Klaten - Forum Silahturami Sanggar Tari (FSST) Klaten  yang dikoordinasikan oleh Dinas Kebudayaan   Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata ( Disbudporapar ) Kabupaten Klaten  menampilkan  Pertunjukan seni tari *Indahnya Kebhinnekaan Nusantara* yang digelar dalam rangka peringatan Hari Toleransi Internasional  tanggal 16 Nopember 2022 di Klaten.


Ketua FSST Klaten Marta Endang Wartuti menjelaskan kegiatan yang digelar di Stadion Trikoyo  ini, diisi dengan pertunjukan tari budaya nusantara. 


Menurutnya pagelaran ini merupakan sebuah gagasan sekaligus manifestasi kebersamaan melalui seni tradisi terutama tari yang dalam hal ini berkolaborasi dengan 15 sanggar tari yang ada di Kabupaten Klaten.


"Kami sangat berharap dengan proses yang sudah dilakukan untuk anak-anak dapat menumbuhkan rasa toleransi dalam perbedaan, mulai dari perbedaan latar belakang usia, agama, pendidikan maupun perbedaan keterampilan dalam menari." katanya.


Dikatakan bahwa seni pertunjukan kolaborasi lintas agama, usia, dan pendidikan ini sangat membahagiakan sekali karena  dapat membentuk karakter mereka untuk semakin bersatu, bergotong royong dalam membangun bangsa ini.


Sementara itu Kepala Disbudporapar Klaten Sri Nugroho mengapresiasi pelaku seniman-seniwati yang sudah terbentuk dalam sanggar tari guna lebih baik dan bangkit kembali setelah dua tahun tidak ada kegiatan akibat pandemi Covid-19.


“Mari kita bersama-sama memberikan edukasi kepada anak-anak bangsa dengan seni budaya yang dapat merangkul kebersamaan seperti negara kita Republik Indonesia  yang selalu membumikan  budaya di Indonesia khususnya di Klaten dengan kerukunan, gotong royong, kekompakan kita sehingga dapat menghasilkan yang terbaik untuk budaya tentunya yang ada di Kabupaten Klaten,” ujarnya.


Kepala Bidang Kebudayaan Disbudporapar Klaten Widowati, SE.MH menjelaskan bahwa  penampilan tari kolosal *Indahnya Kebhinekaan Nusantara* ini dilakukan sebanyak 56 personil dengan durasi  selama 20 menit untuk memeriahkan Peringatan hari toleransi  Internasional dan pengukuhan pengurus PKUB Desa/ Kelurahan se Kabupaten Klaten. 


Tari ini menurut Widowati mencerminkan tentang  kesatuan  bangsa, dengan tari berkolaborasi dengan beberapa tarian khas daerah seperti  tari Bali, Jawa, Sumatra, NTT,  Sunda, Kalimantan dan Papua.  Selamat menikmati sajian tari *Indahnya Kebhinnekaan Nusantara*

( *Moch.Isnaeni* )

Lebih baru Lebih lama