Outing Class, Ratusan Siswa SMPN 2 Klaten Lakukan Kegiatan Literasi Budaya Di Bali

Giat Outing Class siswa SMP N 2 Klaten ke Bali.



Kasihinfo.com Bali --- Siswa siswi klas VIII SMP N 2 ( Espero ) Klaten sejak tanggal 17 sampai 22 Desember 2022 yang lalu melaksanakan pembelajaran dengan outing kelas melakukan kegiatan literasi budaya ke Bali. 


Kegiatan tersebut diikuti oleh 251 siswa dengan pendamping sebanyak 19 personil dengan mengunjungi beberapa tempat dan menyaksikan beberapa event pertunjukan  seni budaya asli Bali.


Kepala SMPN 2 Klaten H.Ismadi mengatakan  bahwa pasca pandemi covid kegiatan outing kelas  sudah  dimungkinkan untuk dilakukan. Seperti halnya kegiatan literasi budaya untuk siswa Klas VIII SMPN 2 Klaten dilakukan untuk  meningkatkan keterampilan berbahasa.


Ketrampilan berbahasa ini menurut Ismadi ada empat aspek, yakni ketrampilan menyimak, berbicara. membaca dan menulis.


"Ketrampilan berbahasa dapat melatih sikap  siswa, melalui bahasa tulisan.  dapat dipahami bahwa aktivitas menulis merupakan bentuk tindak lanjut dari aktivitas melihat, mendengar, mengamati, memperhatikan, dan  membaca." katanya.


Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang direalisasikan melalui program outing kelas dengan literasi budaya di Bali guru dan komite sekolah  serta mendapat   dukungan dari orang tua wali murid.


"Para  siswa yang mengikuti kegiatan  dengan melakukan pengamatan dan observasi di sejumlah  tempat dan nantinya menuangkan  dalam bentuk narasi yang akan menjadi dokumen sekolah" katanya.


Wakil Kepala sekolah bidang kurikulum SMPN 2 Klaten Anggoro mengatakan bahwa bagi siswa  yang karena alasan tertentu tidak bisa berangkat ke Bali  sekolah memberikan kesempatan mengikuti kegiatan literasi budaya  di tempat yang memungkinkan  untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu dengan melakukan pengamatan dan observasi yang  kemudian  juga menuliskan dalam bentuk narasi. 


"Literasi bagi siswa itu cukup banyak apabila ia mampu berinovasi dalam menciptakan dan meningkatkan antusiasme budaya literasih warga sekolah karena memang sejumlah tempat yang dikunjungi menunjang pembelajaran di sekolah." ujarnya.


Ketua komite sekolah SMPN 2 Klaten  H.Moch. Isnaeni  mengatakan kegiatan literasi budaya di Bali ini  memang program pilihan para siswa yang didukung semua pihak termasuk orang tua siswa sehingga diharapkan  para peserta dapat mengikuti  kegiatan literasi   di Bali ini dengan baik.


" Setiap  peserta  diberikan kesempatan yang sama  untuk melakukan  pengamatan dan  observasi  di sejumlah tempat dengan tujuan memberikan keyakinan kepada siswa agar memahami peristiwa yang sedang diamati dan diobservasi serta mampu mengekplorasi melalui pengamatan yang cermat dan wawancara kepada para pihak yang  berkompeten" katanya.


Dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan  kegiata literasi budaya  dapat dilakukan berdasarkan program dari pemerintah, kebijakan dinas pendidikan dan inovasi pihak internal sekolah.


"Syaratnya, inovasi yang  dilakukan mampu memberikan kesempatan kepada warga sekolah untuk berliterasi dengan cara yang lebih menarik dan kreatif" pungkasnya. ( *Moch.Isnaeni* )

Lebih baru Lebih lama