Umur Tua Tak Surutkan Niat Samta Ikuti Ujian Amatir Radio

 

Samta, saat ikuti ujian amatir radio bersama puluhan peserta lainnya. Minggu, (5/2/2023)


Kasihinfo.com Klaten - Balai monitor kelas 1 Yogyakarta menyelenggarakan ujian nasional amatir radio atau unar di Klaten Jawa Tengah. Ada sebanyak 45 peserta dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dengan unar,  peserta yang dinyatakan lulus ujian otomatis akan mendapatkan ijin amatir radio atau IAR. Minggu, (5/02/2023). 


Samta, salah satu peserta ujian nasional amatir radio yang berumur 64 tahun warga Karangdowo Klaten Jawa Tengah, nampak dengan semangat mengikuti pelaksanaan ujian. umur yang sudah kepala 6 tidak menyurutkan niatnya untuk ikut ujian demi mendapatkan ijin amatir radio. Bahkan saat pelaksanaan ujian kali ini,  ia harus mengulang kedua kalinya, karena ujian pertama tidak lulus dan untuk yang kedua kalinya dengan hati-hati laksanakan ujian, dan ia berhasil lulus dan selanjutnya dapat menggunakan frekuensi radio sesuai peruntukannya.


“ Saya ingin lebih bisa membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dalam penggunaan radio. Walaupun ujian harus dilakukan hingga dua kali, namun saya tetap semangat, dan akhirnya bisa lulus ujian,” kata Samta.


Ketua orari lokal klaten, Susilo Hari Putranto mengatakan,  kegiatan unar sendiri terselenggara atas kerjasama Balmon kelas 1 DIY bersama orari lokal klaten, di komplek wisata sendang sinongko Pokak, Ceper, Klaten Jawa Tengah. Ada sebanyak 45 peserta, 2 orang dari Yogyakarta  dan 43 dari Jawa Tengah , yang sebagian besar peserta dari kabupaten Klaten. Hingga saat ini jumlah anggota orari lokal klaten sebanyak 450 orang.


“ Diharapkan dengan bertambahnya anggota orari khususnya lokal Klaten, akan membuat orari lokal klaten semakin maju dan berkembang dan yang terpenting bisa membantu pemerintah dalam segala hal khususya dalam komunikasi,” Harapnya.


Sedangkan ketua tim pemeliharaan infrastruktur dan pelayanan publik Balmon DIY , Nurul Muttaqien mengatakan, dengan unar, nantinya bagi yang memiliki hobi radio, bisa memiliki ijin call say amatir radio . Bagi yang lulus ujian otomatis akan mendapatkan ijin amatir radio atau tanda panggil , callsign. 


Ada 4 materi yang diujikan,  yaitu pemahaman pancasila, teknik radio,  bahasa inggris serta regulasi peraturan di amatir radio. Di balmon sendiri secara reguler menyelenggarakan unar tiap bulannya di kantor balmon Yogyakarta. sedangkan untuk unar non reguler di tahun ini ada dua kali penyelenggaraannya.


“ Bagi yang dinyatakan lulus Unar, otomatis akan mendapatkan ijin amatir radio dan mendapatkan tanda panggil atau callsign. Bagi yang ingin mengikuti Unar, di kantor Balmon DIY setiap bulannya menyelenggarakan Unar secara regular," Katanya.

Lebih baru Lebih lama