Bangkitkan Ekonomi Warga, Kalikotes Lounching Pasar Jodha Dan Pemancingan

 

Pasar Jodha Jogodayoh, Kalikotes


Kasihinfo.com Kalikotes -  Kalikotes terus berbenah dan terus melakukan pengembangan di berbagai sektor bidang. Minggu pagi, bertempat di dukuh Jogodayoh, desa kalikotes melakukan peresmian pasar Jodha serta pemancingan tirta puser bumi.


Berbagai terobosan pengembangan potensi yang ada di desa bersama Pokdarwis setempat dilakukan pasca  mendapatkan SK Bupati sebagai desa wisata. Pelaksanaan pasar jodha sendiri digelar setiap selapan sekali, yaitu 35 hari di hari minggu kliwon.


Di pasar Jodha menjajakan berbagai hasil UMKM yang ada di desa Kalikotes. Untuk bisa membeli berbagai dagangan UMKM, para pengunjung harus menukarkan koin terlebih dahulu di tempat yang sudah disediakan, dengan nilai 2 ribu rupiah per satu koinnya.


Dagangan yang disajikan seperti berbagai macam kuliner, produk hidroponik, aneka baju dan kain berbagai motif,  bahkan juga jualan anak ayam.


Kades Kalikotes, Ponidi mengatakan jika peresmian pasar Jodha serta pemancingan ini sebagai pengembangan potensi wisata yang ada di desa Kalikotes. Kedepan juga akan melakukan pengembangan green house, serta fokus pengembangan bumi perkemahan yang hingga saat ini terus berjalan dan berkembang.


“ Peresmian pasar Jodha serta pemancingan ini merupakan pengembangan potensi yang ada, Kedepan berbagai potensi yang ada akan diintegrasikan sehingga akan menumbuhkan perekonomian warga masyarakat desa Kalikotes.” Katanya.


Dinas pariwisata serta kecamatan terus melakukan suport terhadap desa setempat, berinovasi dalam mengembangkan desa wisata, dengan harapan meningkatnya perekonomian warga masyarakat.


Kepala Bidang Pariwisata Ekonomi Kreatif Disbudporapar Klaten, Purwanto mengemukakan pengembangan desa wisata di Desa Kalikotes ini sangat luar biasa. Ia menilai support dari masyarakat sebagai modal kekuatan dalam membangun wisata desa dirasa patut ditiru oleh desa lain.


Hingga saat ini, desa wisata yang sudah mempunyai SK Bupati Klaten ada sebanyak 34 desa, salah satunya Desa Kalikotes.” Ungkapnya.

 

Sedangkan plt camat Kalikotes, Veronica Retno Setyaningsih mengatakan jika 7 desa yang ada di kecamatan Kalikotes mempunyai potensi dan daya tarik masing-masing, salah satunya desa Kalikotes yang sudah dikembangkan oleh pemdes setempat, seperti bumi perkemahan, hidroponik dan kedepan ia berharap selenggarakan event carr free day tingkat kecamatan Kalikotes.


“ Saya berharap, perekonomian warga masyarakat kembali bangkit, dengan adanya berbagai event serta pengembangan potensi wisata masing-masing desa.” Kata Retno.


Selain dihadiri ratusan pengunjung dari warga sekitar memadati area lokasi dari pukul 06.00 WIB, peresmian pasar Jodha dan pemancingan dimeriahkan dengan seni Reog dan Musik Dangdut. Turut hadir Camat Kalikotes dan Jajaran, Dinas Pariwisata, Kapolsek, Danramil dan tamu undangan.

 

Lebih baru Lebih lama