Ketaatan Warga Bayar Pajak Tinggi dan Perangkat Desa Jemput Bola, Desa Glodogan Terbaik Capaian Bayar PBB

 

Kades Glodogan Klaten Selatan, Zaenal Arifin.


Kasihinfo.com Klaten – Ketaatan untuk bayar pajak, serta semangat para perangkat desa untuk jemput bola kepada warga untuk membayar pajak, adalah salah satu kunci prestasi yang didapatkan oleh Pemerintah Desa Glodogan, Klaten Selatan, dalam pencapaian penarikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di tahun 2022.

 

Kepala Desa Glodogan, Zaenal Arifin mengatakan,untuk capaian pembayaran PBB di desa setempat di angka 90% dari target wajib pajak, yaitu sekitar 120 juta rupiah.

 

“ Kuncinya ada dua mas, yaitu ketaatan warga untuk membayar pajak, serta kegigihan para perangkat desa untuk mengingatkan serta jemput bola ke warga untuk membayara PBB. Sehingga capaian untuk bayar PBB di desa kami selalu bagus dan menjadi salah satu prestasi desa Glodogan taat bayar pajak.” Katanya.

 

Ia menjelaskan, dari 120 juta rupiah tersebut, sekitar 100 an juta membayar atau titip ke kantor desa setempat melalui perangkat desa, dan hanya sekitar 10 juta rupiah, wajib pajak membayar ke bank Daerah langsung.  

 

Di desa Glodogan sendiri ada sekitar 2.197 obyek pajak, dengan potensi pajak sebesar 120 juta rupiah. Zaenal menjelaskan jika kenapa capaian PBB tidak bisa 100 persen dikarenakan ada beberapa pemilik lahan wajib pajak tidak berdomisili di desa setempat, bahkan ada di luar kota.

 

“ Capaian PBB tidak bisa 100 persen karena ada beberapa pemilik lahan wajib pajak bertempat tinggal di luar kota, bahkan ada di luar pulau, sehingga kami kesulitan bertemu dengan wajib pajak. Dengan capaian tersebut, tahun lalu menjadi juara pertama perolehan PBB untuk kecamatan Klaten Selatan. Saya berharap capaian terbaik dalam pembayaran PBB di tahun 2023 ini bisa kami pertahankan." Pungkasnya.(h-d)

Lebih baru Lebih lama