Tekan Angka Kecelakaan Perairan, Polres Klaten Bagikan Rompi Pelampung Ke Relawan Dan Pengusaha Rakit Rowo Jombor




Kasihinfo.com Klaten - Polres Klaten melaksanakan kegiatan "Ikut Andil Keselamatan Berlayar" atau yang disingkat Ikan Selayar di Rowo Jombor Klaten, Rabu (8/3/2013).


Kegiatan Ikan Selayar dipimpin Wakapolres Klaten Kompol Tri Wakhyuni SAP MM dan diikuti personel TNI-Polri, BPBD, para relawan dan pengelola wisata air Jombor.


Dijelaskan oleh Kompol Tri Wakhyuni bahwa latar belakang diadakannya program "Ikan Selayar" ini antara lain karena tingginya angka kecelakaan air di wilayah Jawa Tengah. Berdasarkan data Ditpolairud Polda Jateng, pada tahun 2022 terdapat 186 kejadian kecelakaan air dengan korban meninggal dunia 131 orang, belum ditemukan 30 orang dan 4 luka-luka.  Salah satu kejadian yang menonjol yaitu pada tahun 2021. Kecelakaan perahu wisata di kawasan Waduk Kedungombo Kab. Boyolali mengakibatkan 9 orang meninggal dunia.


"Untuk mencegah kejadian laka di obyek wisata perairan, maka perlu dilakukan langkah-langkah nyata yaitu dengan kegiatan Ikan Selayar yang pada hari ini dilaksanakan serentak di wilayah Polda Jateng dengan membagikan rompi pelampung atau life jacket." Ungkap Kompol Tri Wakhyuni SAP MM mewakili Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH


Dalam kesempatan tersebut Kompol Tri Wakhyuni SAP MM menyerahkan bantuan 20 life jacket. 15 diserahkan kepada pengelola wisata air dan 5 diserahkan kepada relawan. Pembagian life jacket ini dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan di wilayah perairan sekaligus untuk mendorong kesadaran masyarakat terkait keselamatan saat beraktifitas di perairan.


"Kita ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa penggunaan alat keselamatan di air harus menjadi standar operasional prosedur serta menjadi budaya keselamatan kita semua."  


Pelaku wisata air kemudian diberikan himbauan agar memperhatikan aspek keselamatan. Beberapa hal yang harus dihindari antara lain menaikkan wisatawan melebihi daya tampung, panumpang tidak menggunakan life jacket serta tidak memperkerjakan nahkoda di bawah umur atau orang yang tidak mempunyai kompetensi.


"Terjaminnya keselamatan dan kenyamanan dalam wisata air akan memberikan pandangan positif bagi wisatawan. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisata dan perekonomian masyarakat akan meningkat pula."


Kegiatan Ikan Selayar Polres Klaten ditutup dengan pemeriksaan kesehatan gratis untuk para pekerja wisata air serta kerja bakti membersihkan sampah di seputaran rowo jombor.

Lebih baru Lebih lama