Ketua DPR RI Resmikan Gedung Pertemuan Grha Bung Karno Klaten

Puan Maharani resmikan Ghra Bung Karno Klaten. Sabtu, (18/3/2023)



Kasihinfo.com Klaten - Ketua DPR RI, Ibu Dr (Honoris Causa) Puan Maharani meresmikan Gedung Pertemuan Grha Bung Karno Kabupaten Klaten yang berlokasi di Desa Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten KLaten, Sabtu, 18 Maret 2023. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan tumpeng. 


Ketua DPR RI, Ibu Dr (Honoris Causa/HC) Puan Maharani tiba di Gedung Grha Bung Karno sekira pukul 11.15 WIB langsung disambut yel-yel kader Program Keluarga Harapan (PKH). Tampak Ketua DPRRI Puan Maharani dengan sabar melayani salaman dan swafoto kader PKH dan tamu undangan yang hadir.  


Dalam sambutannya Ketua DPRRI, Dr (HC) Puan Maharani mengatakan, Alhamdulillah Gedung ini bisa diselesaikan dan segera diresmikan. Suatu kebanggaan di Klaten ada Gedung yang besar yang diberikan nama Grha Bung Karno (GBK). 


"Seperti di Jakarta ada GBK yakni Gelora Bung Karno dan di Klaten ada GBK yakni Grha Bung Karno. Sehingga kalau ingat GBK Jakarta ingat GBK Klaten," katanya. 


Menurut Puan Maharani, Graha Bung Karno terbesar di Soloraya bahkan di Jawa Tengah.  Apalagi juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti pendopo, Masjid dan fasilitas lainnya. 


Puan Maharani mengatakan, Graha Bung Karno diresmikan sebelum Puasa Ramadhan 1444 H, karena saat ini sudah ada 10 warga yang akan menyewa. Pembangunan di Klaten ini terlaksana karena gotong royong dan untuk masyarakat. 


"Saya sudah 3 Periode menjadi anggota DPRRI dari Dapil sini termasuk Klaten selain Sukoharjo, Boyolali dan Solo.  Sebagai cucu Bung Karno saya merasa bangga ada Gedung besar dinamai Grha Bung Karno. Mari bersama-sama gotong royong menjaga Gedung Grha Bung Karno," katanya. 


Dr (HC) Puan Maharani pada acara tersebut mengundang beberapa kader PKH Klaten untuk ke panggung untuk berdialog.  


Salah satunya Sri Wahyuni,  Sri Mulyani dan Sumiyem yang menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.  


Ketua DPR RI Puan Maharani juga memberikan pertanyaan kepada warga antara lain nama Gedung ini yakni Grha Bung Karno dan tiga hal tentang Bung Karno antara lain Bapak Proklamator, Presiden Pertana RI dan penggali Pancasila. 


Sumiyem dari KPM  Glodogan, Klaten Selatan  diberikan hadiah sepeda. Sri Wahyuni dari KPM Wedi dapat hadiah handphone (HP), Sri Mulyani dari KPM Jimbung Kalikotes dapat hadiah TV. 


Pada acara itu Ketua DPRRI Puan Maharani  juga dialog dengan Camat Prambanan, Puspo Enggar, Kades Bono Tulung Bakdiyono dan Kades Jetis Klaten Selatan,  Mulyatno. 


Camat Prambanan pada acara itu diberi hadiah TV yang diserahkan kepada KPM PKH dari  desa miskin ekstrem, Kafes Bono Bakdiyono mendapat hadiah HP dan Kades Jetis Mulyatno diberikan hadiah sepeda.


Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani, SM mengatakan, atas nama Pemerintah dan segenap lapisan masyarakat Kabupaten Klaten mengucapkan Selamat Datang kepada Ketua DPR RI, Ibu Dr (Honoris Causa) Puan Maharani beserta jajaran di Kabupaten Klaten. 


Dikatakan, suatu kehormatan bagi Pemerintah  Kabupaten Klaten, Ibu Puan Maharani berkenan rawuh di Kabupaten Klaten. Kami mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan perhatian dari Pemerintah pusat khususnya Ibu Puan Maharani sehingga Pemerintah Kabupaten Klaten berhasil meraih banyak prestasi dan dapat mengemban amanah masyarakat Kabupaten Klaten dengan hasil – hasil pembangunan yang muaranya tidak lain untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Klaten.


“Salah satunya adalah terwujudnya Gedung Pertemuan Grha Bung Karno ini.  Proses pembangunan Grha Bung Karno ini kami rintis melalui proses yang cukup panjang dari tahun 2018 - 2023.,” katanya. 


Bupati Klaten menjelaskan, yang mendorong Pemkab Klaten untuk membangun Graha Bung Karno ini adalah  Pemerintah Kabupaten Klaten belum memiliki Gedung Pertemuan yang representatif dan mampu menampung banyak orang. Gedung Pertemuan Grha Bung Karno mampu menjadi icon baru di Kabupaten Klaten dan sekaligus dapat memberikan tambahan pendapatan asli daerah.


Kemudian, kata Hj Sri Mulyani, Gedung Pertemuan Grha Bung Karno menggunakan konsep arsitektur Kolonial atau Semi Klasik dan Monumental dengan nama sebutan Bapak Presiden RI pertama, Bung Karno.  Dengan ini tentunya Pemkab Klaten berharap warga masyarakat selalu ingat akan sejarah perjuangan para pahlawan dan senantiasa mengisi pembangunan ini dengan kegiatan yang bermanfaat. 


Menurut Bupati Klaten, Gedung Pertemuan Grha Bung Karno dibangun di atas Lahan dengan luas kurang lebih 34.000 m2,   dengan luas Gedung Pertemuan 4.516 m2. Kapasitas Gedung Grha Bung Karno kurang lebih 3000 orang dan Gedung Pertemuan Grha Bung Karno ini dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti lahan parkir, mushola, rumah catering, bangunan genset dan IPAL, pendopo dan lain – lain.


Lebih lanjut dilaporkan, anggaran pembangunan Gedung Grha Bung Karno sebesar Rp94.590.184.000. “Alhamdulillah  Gedung Pertemuan Grha Bung Karno siap untuk diresmikan. Saya selaku Bupati Klaten mengucapkan terima kasih kepada Ibu Puan Maharani yang berkenan meresmikan Gedung Pertemuan Grha Bung Karno Klaten,” ujarnya. 

 

Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani juga mengucapkan, terima kasih   kepada Forkopimda Kabupaten Klaten, TNI/POLRI, jajaran Pemerintah Kabupaten Klaten para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa/Lurah, BUMN/BUMD, dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Klaten atas panyengkunyung dan kerjasamanya sehingga gedung pertemuan ini dapat berdiri kokoh dan megah. 


Turut hadir pada acara peresmian Gedung Pertemuan Grha Bung Karno jajaran anggota DPRRI dari Fraksi PDI Perjuangan antara lain  Pinka Hapsari, Bambang Wuryanto (Ketua Komisi III), Agustina Wilujeng, Riezky Aprilia, Dede Indra Permana,    Aria Bima, Nabil Haroen, Rahmad Handoyo. Kemudian juga tampak hadir  Bupati Klaten Periode 2005-2010 dan 2010-2015 yang juga sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan,  H Sunarna, SE,MHum, Wakil Bupati Klaten H Yoga Hardaya, SH, MH.  Acara tersebut juga dihadiri Bupati Sukoharjo, Bupati Sragen dan Bupati Wonogiri serta tamu undangan lainnya. Acara peresmian Grha Bung Karno juga dimeriahkan aneka bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

 (Bagian Prokopim Setda Klaten)

Lebih baru Lebih lama