Profesi Satpam Kian Diminati Kaum Milenial

Pelatihan satpam di PT Garda Total Security Klaten.



Kasihinfo.com Klaten - Seiring dengan perkembangan jaman dan iklim investasi yang semakin kompleks permintaan jasa pengamanan yang memiliki legalitas semakin meningkat. Profesi satpam salah satunya menjadi profesi yang menjanjikan kedepan dan mulai banyak diminati dikalangan generasi muda masa kini tidak lagi dipandang sebelah mata.


Direktur PT Garda Total Security Klaten, Agus Nur Wijanarko saat memimpin Diklat Satpam Angkatan 45 Tahun 2023 Gada Pratama Tingkat Polda Jawa Tengah di Pusdik Satpam BUJP PT Garda Total Security, Jl Jogja-Solo, Karangdukuh Jogonalan, Klaten mengatakan, setiap tahun permintaan tenaga Satpam semakin meningkat, seiring dengan masuk dan berkembangnya iklim investasi di Indonesia, terutama satpam yang sudah berkompetensi dan punya legalitas pendidikan.



Lebih lanjut, Agus menjelaskan untuk wilayah Kabupaten Klaten kebutuhan Satpam sangat tinggi. PT Garda Total Security Klaten yang eksis dari tahun 2009 ini sudah meluluskan hampir 85 ribu personel. Dan terbukti, setiap penyelenggaraan pelatihan sebanyak 130 lulusan direkrut dari para user.


Agus menyebut pengguna Satpam kebanyakan datang ke Pusdik merekrut sebanyak 40 persen dan sisanya menjadi tanggung jawab PT Garda Total Security untuk ditempatkan secara bertahap dengan estimasi waktu 1-2 bulan mereka sudah terserap kerja.


Selama diklat seluruh peserta mendapatkan berbagai kompetensi, antara lain keterampilan bela diri, pengaturan lalu lintas, dan cara bertindak di lapangan, inter personel skill, termasuk pengenalan senpi dan pengendalian peledak bom dari Brimob Polri.


“Kegiatan ini bertujuan agar satpam akan dapat meningkatkan perannya dalam pengamanan swakarsa yang merupakan cerminan komitmen dan semangat perubahan dengan mengedepankan upaya kerjasama dalam mencapai kemajuan,” terang dia.


Oleh karena itu, kata Agus, mengatakan kedepan tuntutan masyarakat akan pengguna jasa pengamanan semakin tinggi. Dalam menjawab tersebut, BUJP dan Polri didorong untuk terus dapat menjalankan kemitraan dan sinergi yang aktif dan konstruktif sehingga kinerja satpam bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (PW)

Lebih baru Lebih lama