Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah Jateng, Rektor UMS Masuk Daftar Calon Tetap Musywil Jateng



Kasihinfo.com Tegal - Pembukaan Musyawarah Wilayah (Musywil) Periode Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Jawa Tengah (Jateng) yang berlangsung di GOR Wisanggeni Kota Tegal, Sabtu (4/3/2023) berlangsung meriah.


Tidak kurang dari 5.000 an peserta dan penggembira  memadati area Musywil Jateng ini. Acara ini dihadiri dari berbagai kabupaten se-Jawa Tengah . Selain peserta yang ada di dalam arena, terdapat penggembira yang menghadiri acara ini yang menyimak acara dari luar arena. Cuaca cerah yang diiringi dengan panas terik matahari tidak menyurutkan niat para penggembira memadati arena Musywil Jateng.


Selain pimpinan wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Jawa Tengah, dalam acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hingga Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.


Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng Dr., KH Tafsir, M.Ag., mengatakan jumlah anggota utusan Musywil Muhammadiyah Jawa Tengah sejumlah 1.520 utusan yang hampir mendekati jumlah utusan Muktamar se-Indonesia yaitu sekitar 2.600 utusan.


"Muhammadiyah Jawa Tengah itu jika dihitung ada sekitar 40% dari seluruh Indonesia. Ini saja kami tidak mengundang penggembira," tegas Tafsir.


Ganjar juga menyampaikan bahwa Muhammadiyah harus bisa menangkis berbagai persepsi negatif dan terus berkontribusi yang nyata kepada masyarakat.


"Andai kata orang yang memiliki persepsi negatif itu tahu, bahwa Muhammadiyah itu mengelola jamaah, pendidikan, kesehatan serta lembaga zakat pasti mereka akan terpesona. Kontribusi Muhammadiyah itu banyak, hasilnya nyata dan memakmurkan masyarakat. Pada momen ini, kita harapkan Muhammadiyah nanti akan menyebarkan Islam yang penuh damai dan berkemajuan," ucap Ganjar sambil tersenyum dan mengacungkan jempol dihadapan peserta Musywil Jateng yang disambut dengan gemuruh tepuk tangan, sekaligus menandai dibukanya acara tersebut.


Usai acara pembukaan, rangkaian acara Musywil Jateng masih berlanjut pada malam harinya yaitu sidang dan pemilihan anggota PWM Jawa Tengah yang akan dilaksanakan di Hotel Shangri-La Kota Tegal. Pemilihan anggota akan menggunakan sistem e-voting seperti yang dilakukan saat acara Muktamar ke-48.


39 Calon Anggota Tetap Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah yang sudah disahkan Panlih Musywil yang terdiri dari beragam latar belakang, mulai dari kiai, tokoh masyarakat, akademisi, praktisi, hingga saudagar.


Salah satu daftar calon anggota tetap pada musywil kali ini dari akademisi terdapat nama Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof., Sofyan Anif. Selain Rektor UMS, terdapat juga nama Dekan Fakultas Agama Islam UMS, Dr. Syamsul Hidayat yang menjadi kandidat dalam musywil kali ini.

( *Mlch.Isnaeni*)

Lebih baru Lebih lama