Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan Sangat Diperlukan Bagi FKUB dan PKUB

 

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Klaten KH.Syamsuddin Asyrofi


Kasihinfo.com Klaten – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Klaten KH.Syamsuddin Asyrofi mengatakan bahwa  pemahaman empat pilar kebangsaan semakin diperlukan di tengah era globalisasi saat ini. Sebab menurutnya  ideologi Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika harus tetap dihayati dan dipahami oleh seluruh warga masyarakat.


Hal itu disampaikan  Syamsuddin Asyrofi kepada sejumlah awak media  di kantornya, Sabtu ( 15/4/2023 ) saat menyiapkan agenda sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada pengurus  FKUB dan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama ( PKUB ) Kecamatan dan Desa/Kelurahan di Klaten  yang akan dilaksanakan  di Aula Al-Ikhlas Kantor Kemenag Klaten Minggu (16/4/2023). 


Menurutnya, dengan memahami empat pilar kebangsaan  tersebut, akan tercipta sebuah rumah bernama Bangsa Indonesia yang aman dan nyaman untuk melaksanakan pembangunan.


“Jika demikian, maka dapat diwujudkan kesejahteraan masyarakat  dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh​ dan aman,” katanya.


Dikatakan pemahaman empat pilar kebangsaan kepada pengurus FKUB dan PKUB sangat ​ diperlukan karena para anggota FKUB dan PKUB itu adalah para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang dipercaya umat dan warga sekitarnya, sehingga mereka dapat meneruskan materi tersebut tentang dasar, bentuk, konstitusi dan semboyan negara itu dan dapat diterima dengan baik.


Ketua Komisi Dialog FKUB Klaten Moch.Isnaeni mengatakan  kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini akan menghadirkan nara sumber Ketua FKUB Kabupaten Klaten KH.Syamsuddin Asyrofi dan salah seorang senator anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) RI Ir.H. Bambang Sutrisno, MM dapil Provinsi Jawa Tengah.


"Sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada  pengurus FKUB dan PKUB sangat penting guna mengantisipasi adanya degradasi nilai-nilai kebangsaan di kalangan masyarakat sekaligus juga dalam upaya merawat kerukunan antar umat beragama" katanya.


Menurut Moch.Isnaeni  agenda sosialisasi empat pilar kebangsaan ini akan dibuka Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani, SM dan juga akan dihadiri sejumlah pejabat pemerintah Kabupaten Klaten. ( *Moch.Isnaeni* )

Lebih baru Lebih lama