Dengan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau, Disperinaker Klaten Gelar Pelatihan Ketrampilan Bagi Pencari Kerja

 

Peserta pelatihan otomotif di SMK Kristen 5 Klaten. Jumat, (16/06/2023)

Kasihinfo.com Klaten – Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Klaten kembali mengadakan kegiatan pelatihan, Pendidikan dan ketrampilan kerja bagi pencari kerja khususnya bagi pemuda anak dari buruh dan petani tembakau, serta anak dari keluarga P3KE Klaten.


Kepala Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Klaten  Rina Damayanti mengatakan, ada tiga jenis kegiatan berdasarkan Klaster Kompetensi yaitu Pelatihan dibidang otomotif, Pelatihan Menjahit dan Pelatihan di bidang Las.


Pelatihan otomotif di SMK Kristen 5 Klaten

Untuk pelatihan otomotif diikuti oleh 40 orang yang bertempat di SMK Kristen 5 Klaten. Pelatihan otomotif ini dimulai tanggal 5 sampai dengan 24 Juni tahun 2023.


Sedangkan untuk pelatihan las diikuti oleh 40 orang bertempat di SMK Kristen 1 yang dimulai tanggal 7 sampai dengan tanggal 27 Juni tahun 2023.


Sedangkan untuk kegiatan pelatihan menjahit diikuti oleh 60 orang yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pertama dimulai tanggal 6 sampai tanggal 26 Juni dan kelompok kedua dimulai pada tanggal 7 sampai tanggal 27 Juni tahun 2023. Kegiatan pelatihan menjahit ini Disperinaker Klaten menggandeng Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Globalindo Intimates.


“ Pelatihan didanai dengan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) diikuti oleh 140 orang pencari kerja warga Klaten yang sebelumnya mengikuti seleksi di Disperinaker, baik seleksi tertulis maupun wawancara. “kata Rina.


Kepala Disperinaker Klaten, Rina Damayanti saat memantau pelaksanaan pelatihan menjahit di Globalindo.

Rina berharap para peserta yang didominasi anak muda tersebut mendapatkan ilmu dan ketrampilan sesuai bidang pelatihan yang diikuti, sekaligus mendapatkan sertifikat pelatihan. selanjutnya dengan bekal ketrampilan tersebut, mereka bisa bekerja sesuai ketrampilan yang diperoleh atau bahkan bisa secara mandiri membuka jasa ketrampilan sesuai keahlian.


Salah satu peserta pelatihan otomotif, cahyo warga Gantiwarno mengaku senang bisa lolos seleksi dan bisa mengikuti pelatihan otomotif.


“ Saya bersyukur bisa lolos dan mengikuti pelatihan. Semoga bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang saya peroleh sekaligus sertifikatnya bisa saya gunakan untuk mencari pekerjaan. Syukur-syukur bisa mendiri membuka bengkel secara mandiri yang justru membuka lapangan kerja baru “ katanya. (H-D)

 

 

 

 

Lebih baru Lebih lama