Jelang Pembagian Cluster Pedagang, Bupati Klaten Tinjau Pasar Gedhe Klaten

 

Bupati Klaten saat pasar Gedhe Klaten. Sabtu, (10/06/2023)


Kasihinfo.com Klaten  -  Sabtu, (10/06/2023), Bupati Klaten bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten dan beberapa Kepala OPD terkait melaksanakan peninjauan Pasar Gedhe Klaten.  Peninjauan tersebut dilaksanakan guna memastikan dan mencocokkan hasil 3D pembagian kluster bagi para pedagang. 

 

Saat ditemui seusai kegiatan, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan bahwa dirinya dan beberpa OPD terkait sedang melakukan pengecekan terhadap Pasar Gedhe Klaten. Dalam tinjauannya kali ini, Sri Mulyani memfokuskan dengan persiapan pembagian kluster atau zona yang nantinya akan diperuntukkan bagi pedagang sesuai dengan jenis dagangannya. 

 

“Kemarin berapa kali saya ada rapat dengan OPD yang terkait untuk persiapan-persiapan dengan zona-zona yang harus kami tata untuk kluster untuk para pedagang. Kemarin sudah dibuatkan 3D nya kepada saya sehingga saya bisa mengecek langsung. Oh yang disini untuk pakaian, ini sembako, kuliner, daging dan sayuran. Ini nanti rencananya para pedagang ini kita kembalikan seperti dulu. Sehingga ini nanti biar ada asas keadilan,”tuturnya. 

 

Lebih lanjut Sri Mulyani mengatakan bahwa nantinya akan dilakukan sosialisasi awal kepada pedagang Pasar Gedhe sehingga para padagang dapat lebih mengenal Pasar Gedhe yang baru. Rencananya sosialisasi tersebut akan dilaksanakan antara tanggal 23 atau 24 Juni 2023 dan dirinya sendiri yang akan menyampaikan secara detail bagaimana kondisi Pasar Gedhe setelah dibangun. Kemudian Sri Mulyani menambahkan setelah melakukan sosialisasi awal, nantinya para pedagang akan mendapatkan sosialisasi dari DKUKMP Kabupaten Klaten untuk pembagian perklusternya. 

 

“Untuk tahapan selanjutnya saya akan mengumpulkan hampir 1000 pedagang di Pasar Gedhe ini untuk untuk sosialisasi awal. Selanjutnya nanti tahapan setelah sosialisasi secara keseluruhan semua jenis pedagang nanti akan ditindaklanjuti oleh Disdagkop untuk mensosialisasikan perklusternya. Karena disini ada eskalator ada travelator di situ ada ketentuan. Sehingga travelator sama eskalator ini karena fasilitas untuk para pengunjung bukan untuk pedagang sehingga mereka harus diberikan edukasi bagaimana keamanan, keberlanjutan dari eskalator dan travelator dari karena disitu ada beban maksimal sehingga dalam pemeliharaan nanti semuanya baik-baik dan awet,”




Terakhir, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa rencana pengoperasian Pasar Gedhe Klaten akan di mulai awal Agustus 2023. Dirinya mengatakan prosesnya akan dilakukan secara bertahap dari mulai sosialisasi, pindahan dan lainnya. 


“Pasar Gedhe ini mungkin bisa dioperasikan pada awal agustus. Ini nanti akan bertahap pindahannya. Kami sudah menyiapkan schedulenya  Pasar ini kan pasar tradisional tapi sudah menuju pasar semi modern. Sehingga para pedagang harus menjaga kebersihan, di sini ada fasilitas eskalator ataupun travellator jadi disini mereka harus mempunyai rasa kepedulian untuk menjaga biar tentunya fasilitasnya menjadi awet,”pungkasnya. (prokopim Klaten)

Lebih baru Lebih lama