Sekjen Asosiasi FKUB: Moderasi Beragama Investasi Untuk Peradaban Indonesia

 



LONDON  – Sekjen Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Indonesia Taslim Syahlan mengatakan bahwa Penguatan Moderasi Beragama menurut Taslim Syahlan merupakan salah satu  strategi untuk merawat kerukunan antar umat  beragama.


“Strategi penguatan moderasi beragama dengan cara kita menggerakkan indikator moderasi beragama, gerakan komitmen kebangsaan, gerakan toleransi aktif, gerakan anti kekerasan, serta akomodatif terhadap budaya lokal,” tutur Taslim di London belum lama ini bersama Wakil Menteri Luar Negeri Inggris Lord Tariq Ahmad saat mengikuti acara Jalsah Salanah di Inggris.


Dijelaskan  mengenai bagaimana seharusnya selalu berpikir moderat dalam kehidupan sehari-hari. Dirinya juga berpesan agar seluruh tokoh agama dapat senantiasa menjadi penggerak Moderasi Beragama. "Penting juga untuk melakukan sinergitas dengan pemangku kepengtingan dalam rangka penguatan moderasi beragama, baik itu Pemerintah Daerah, Kementerian Agama, Tokoh Agama maupun Tokoh Masyarakat." katanya.


Taslim juga menjelaskan bahwa kini sudah ada 19 Desa Kerukunan yang tersebar diseluruh wilayah Jawa Tengah, yang nantinya akan direalisasikan di seluruh desa se-Jawa Tengah.


“Intinya, Moderasi Beragama merupakan investasi jangka Panjang untuk merawat kerukunan umat beragama dan peradaban Indonesia Inklusif,” pungkasnya. Taslim Syahlan bersa.a 4 orang tokoh Indonesia diundang panitia Jalsah Salanah  di Inggris tanggal  28 - 30 Juli 2023 yang lalu.( *Moch.Isnaeni*)

Lebih baru Lebih lama