Regenerasi Pecinta Seni Icon Desa, Pemdes Barepan Gelar Lomba Gejog Lesung Remaja

 

Sejumlah remaja desa Barepan saat ikuti lomba gejog lesung. Sabtu, (2/9/2023).

 

Kasihinfo.com Cawas – Upaya pelestarian seni musik tradisional terus dilakukan di Cawas, Klaten, Jawa tengah. Salah satunya dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten, yaitu menyelenggarakan lomba gejog lesung. Sabtu, (2/9/3023).

 

Lomba gejog lesung diselenggarakan di Taman Barepan Cawas, yang diikuti 12 grup atau peserta yang masih anak-anak dan pemuda.

 

Kepala desa Barepan, Irmawan Andriyanto mengatakan pelaksanaan lomba tersebut sebagai sarana merekatkan hubungan antar warga serta menjaga persatuan warga Desa Barepan, sekaligus sebagai regenerasi kepada kaum muda lebih peduli dengan budaya adiluhung, gejog lesung.

 

“ Lomba gejog lesung ini diikuti seluruh perwakilan RW yang ada di Barepan. Semua peserta remaja dan anak-anak, dengan tujuan selain pelestarian seni budaya juga regenerasi pelaku dan pecinta seni musik gejog lesung,mengingat gejog lesung sudah menjadi icon desa Barepan.”katanya.

 

Irmawan Andriyanto berharap generasi muda lebih peduli dan senang dengan budaya adiluhung, gejog lesung. Dengan tumbuhnya rasa senang maka budaya tersebut akan terus tumbuh subur di desa Barepan.

 

Lomba dinilai oleh tiga orang dewan juri dari seniman dan akademisi. Penilaian lomba gejog lesung meliputi hal irama,  harmonisasi,  koreografi  dan kreatifitas.

 

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, lomba gejog lesung , juara 1 diraih oleh group Wisanggeni dengan nilai 1685, juara 2 diraih oleh group Sekar Langit dengan nilai 1665, dan juara 3 diraih oleh group IPPS Wirabawa dengan nilai 1647. Selain trofi, para pemenang juga mendapatkan uang pembinaan dari Pemdes Barepan.

Lebih baru Lebih lama