Tak Hanya Serap Aspirasi, Sambang Warga Dekatkan Layanan Untuk Masyarakat

 



Kasihinfo.com Klaten — Kegiatan sambang warga yang diinisiasi Bupati Klaten, Sri Mulyani hampir di pekan, banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mengakses layanan yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten di setiap kegiatan tersebut. Hal tersebut juga terlihat saat kegiatan sambang warga yang digelar di Gedung Ahimsa,  Desa Gumulan, Klaten Tengah, Jumat (15/9/2023).


Beberapa layanan publik yang dibuka saat kegiatan sambang warga, seperti pemeriksaan kesehatan gratis dari RSUD Bagas Waras dan Puskesmas setempat, layanan administrasi kependudukan, hingga perpustakaan keliling, selalu diserbu oleh masyarakat. Tak ketinggalan layanan sembako murah Badan Urusan Logistik (Bulog) yang turut digandeng untuk membuka stan di setiap kegiatan sambang warga, juga menjadi serbuan masyarakat.


Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan tujuan utama dari kegiatan sambang warga adalah mendekatkan unsur pemerintahan dengan masyarakat secara langsung. Di antaranya menyerap aspirasi masyarakat secara langsung.


"Kegiatan sambang warga bertujuan untuk bersilaturahmi dan mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung. Namun dalam pelaksanaannya, juga disediakan berbagai layanan bagi masyarakat yang disediakan Pemkab Klaten," ungkap Bupati.



Menurutnya sejumlah layanan tersebut sengaja terus disediakan setiap kali sambang warga digelar, untuk membantu masyarakat yang membutuhkannya. Bahkan, layanan sembako murah dari Bulog, menjadi salah satu layanan yang paling ditunggu oleh masyarakat.


"Setiap kali sambang warga, paket sembako murah yang disediakan Bulog, selalu habis. Rata-rata 300 paket sembako murah habis. Ini membuktikan kegiatan sambang warga juga membawa manfaat secara langsung bagi masyarakat," katanya.


Sri Mulyani juga mengapresiasi ASN yang andil dalam sambang warga, turut meramaikan stan UMKM yang juga digandeng dengan membeli produknya. Hal ini, katanya, membantu pemasaran produk UMKM dan pertumbuhan UMKM itu sendiri.


"Saya sebagai kepala daerah mengajak jajaran OPD dan Forkopimda untuk ikut membeli produk UMKM lokal yang ada di lokasi sambang warga. Tidak harus banyak, sesuai dengan kebutuhan, agar UMKM desa tetap unggul dan terjaga," ucapnya.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati turut menyerahkan bantuan dari BAZNAS Klaten dan Pemkab Klaten kepada masyarakat yang membutuhkan. (dil-yn-ang/Kominfo-klt)

Lebih baru Lebih lama