Pengurus FMKI Klaten Periode 2023 - 2027 Dikukuhkan, Berikut Programnya

Pengurus (FMKI) Kabupaten Klaten periode 2023-2027.


Kasihinfo.com Klaten -  Pengurus Presidium Daerah Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Kabupaten Klaten periode 2023-2027 dikukuhkan oleh Rama Aloysius Gonzaga Luhur Prihadi, Pr yang juga sebagai sebagai Moderator FMKI Kabupaten Klaten. Pelaksanaan pengukuhan pada Perayaan Ekaristi di Gereja Santa Perawan Maria Bunda Kristus Wedi, Kabupaten Klaten, Minggu (1/10/2023) sore.


Usai dikukuhkan, Pengurus Presidium Daerah FMKI Kabupaten Klaten melakukan ramah tamah dan rapat pleno di Balai Mandala, Gereja Paroki Wedi.


Moderator FMKI Kabupaten Klaten Rama Aloysius Gonzaga Luhur Prihadi, Pr  dalam sambutanya mengatakan, tugas dan tanggung jawab pengurus FMKI yaitu memfasilitasi agar terjalin komunikasi yang baik antara FMK dengan Umat Katolik, dengan ormas katolik dan dengan hirarki (pimpinan Gereja).


“ Saya ucapkan proficiat dan selamat atas pengukuhan Pengurus Presidium Daerah FMKI Kabupaten Klaten periode 2023-2027 ini. Tugas dan tanggung  jawab Pengurus FMKI adalah memfasilitasi agar terjalin komunikasi yang baik antara FMKI dengan umat Katolik, dengan ormas Katolik, dan dengan hirarki (pimpinan Gereja). Sebab setiap umat Allah bertanggung jawab menghadirkan wajah Gereja dalam berbagai bidang yang digeluti umat. Baik itu dalam bidang sosial, ekonomi, kebudayaan, kemasyarakatan, dan sebagainya. Semoga keberadaan FMKI bisa menjadi penghubung, bisa membangun jejaring secara lebih luas dan dekat dengan umat,” kata rama.


Sedang Ketua FMKI Kabupaten Klaten Alfrit Maryanto menyampaikan, FMKI atau Forum Masyarakat Katolik Indonesia didirikan pada tanggal 15 Agustus 1998 atau 25 tahun yang lalu. FMKI adalah forum komunikasi, informasi, pemberdayaan, advokasi dan sebagai jaringan kerja plurisentris bagi umat Katolik Indonesia.


“Pengurus FMKI Klaten peride 2023-2027 ini juga akan melaksanakan misi FMKI yaitu meningkatkan kapasitas masyarakat Katolik dalam memahami dan menjalankan kehidupan sosial, politik, ekonomi dan budaya dengan spiritualitas dan semangat Kristiani,” ujarnya.


Alfrit Maryanto menyatakan, FMKI adalah rumah bersama untuk umat Katolik dan bersifat plurosentris, dimana seluruh ormas Katolik seperti WKRI, Pemuda Katolik, ISKA dan paroki-paroki melalui Paguyuban Kabid Pelayanan Kemasyarakatan (Pelkem) berada didalamnya.


“Program mendesak setelah pengurus FMKI Klaten dikukuhkan, yaitu kami akan melanjutkan program pendidikan politik sarasehan kebangsaan menghadapi Pesta Demokrasi Pemilu 2024 bersama para Kabid Pelkem se Rayon Klaten di masing masing Paroki. Saat ini sudah 4 paroki yang melakukan kegiatan pendidikan politik. Targetnya seluruh umat Katolik se Kabupaten Klaten sadar politik, dan nantinya mampu menentukan pilihan yang tepat saat pemilu yang akan diadakan pada tanggal 14 Februari 2024 nanti,” terangnya.


Alfrit menjelaskan, bidang garapan baru FMKI Klaten periode ini yaitu pemberdayaan ekonomi umat dan pengembangan kebudayaan. Di Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat, dalam waktu dekat akan mengadakan sosialisasi NIB (Nomor Induk Berusaha), sertifikat Produk Halal dan BPJS Ketenagakerjaan.


Sedang untuk Bidang Kebudayaan, program kerjanya akan meningkatkan kemampuan dalam karawitan dan pranatacara.


Di Bidang Kaderisasi yang dilaksanakan oleh ISKA (Ikatan Sarjana Katolik Klaten) yaitu kaderisasi untuk kaum muda yang diadakan dalam wadah Cakrabuana 1 dan 2, dan akan terus dilaksanakan. Juga kaderisasi untuk anak muda yang berminat dalam sosial kemasyarakatan pemuda ditangani oleh Pemuda Katolik. Sementara kaderisasi untuk ibu-ibu yang berminat dalam ogranisasi kemasyarakatan dilaksanakan oleh WKRI.


Untuk Bidang Advokasi akan tetap mengadakan pendampingan kepada paroki-paroki atau gereja yang memiliki masalah dengan IMB dan masalah hukum lainnya.


“Saat ini, di beberapa tempat (sekolah) terjadi krisis Guru Agama Katolik di beberapa SD Negeri. Mereka tidak memiliki Guru Agama Katolik, sehingga murid yang beragama Katolik kesulitan memperoleh nilai agama Katolik. Ini juga akan menjadi garapan FMKI Klaten,” tandasnya. (L.Sukamto)

 

SUSUNAN PENGURUS PRESIDIUM DAERAH

FORUM MASYARAKAT KATOLIK INDONESIA (FMKI)

KABUPATEN KLATEN

PERIODE 2023-2027

TUGAS PELAYANAN

NAMA

PAROKI

Moderator

Romo Aloysius Gonzaga Luhur Prihadi,Pr

SPM Bunda Kristus Wedi

 

 

 

Penasehat

1. Roberts Sarmanto

St. Maria Assumpta Cawas

 

2. Fx. Suyoto

Roh Kudus Kebonarum

 

3. Christina Sri Andayani

St. Maria Assumpta Klaten

 

 

 

Ketua

A Alfrit Maryanto

St. Ignatius Ketandan

Wakil Ketua

Brigita Rain Inggit Aryani

SPM Bunda Kristus Wedi

 

 

 

Sekretaris :

 

 

Sekretaris I

Caecilia Heru Mawanti

St. Maria Assumpta Klaten

Sekretaris II

Dewa Raya

St. Theresia Jombor

 

 

 

Bendahara :

 

 

Bendahara I

Eleonora Ragil Maryanisari

St. Maria Diangkat Ke Surga Dalem

Bendahara II

Hendrikus Aris

SPM Bunda Kristus Wedi

 

 

 

Bidang Data dan Informasi

1. Andreas Purwanto

St. Joannes Rasul Delanggu

 

2. Rama Tama

SPM Bunda Kristus Wedi

 

 

 

Bidang Kajian dan Analisis

1. M. Soenarso

St. Ignatius Ketandan

 

2. Yohanes Eko Mardiyono

SPM Bunda Kristus Wedi

 

3. Ignatius Suprih Sudrajat

SPM Bunda Kristus Wedi

 

4. Ignatius Jarot Setiadi

St. Joannes Rasul Delanggu

 

 

 

Advokasi

1. Y. Bambang Nugroho D. S

St. Ignatius Ketandan

 

2. Petrus Nata Dwinugraha Saputra

St. Maria Assumpta Klaten

 

3. Yulius Cahyo Kristiyono,SH,MKn

St. Maria Assumpta Klaten

 

 

 

Kaderisasi

1. C. Andri Wahyu Dewanto

St. Maria Assumpta Klaten

 

2. Yohanes Eko Priyo Wibowo

St. Theresia Jombor

 

3. Vincentius Averian Bachtiar Setyawan

St. Maria Assumpta Klaten

 

4. Antonius Bambang Mulyanto

St. Maria Assumpta Klaten

 

 

 

Pemberdayaan Ekonomi Umat

1. Ety Martini

GMA

 

2. Jarot Triwibowo

St. Yusup Pekerja Gondang Winangun

 

3. Eva Liesdhiana Puspitasarie

St. Yusup Pekerja Gondang Winangun

 

 

 

Seni dan Budaya

1. Sito Mardowo

GIK

 

2. Y. Suharjo

St. Maria Diangkat Ke Surga Dalem

 

3. Bernadus Agus Munadi

St. Maria Ratu Bayat

 

 

 

Bidang Humas

1. Ignatius Siswandi

St. Joannes Rasul Delanggu

 

2. Suyono

St. Yusuf Pekerja Gondang

 

3. Laurentius Sukamto

SPM Bunda Kristus Wedi

 

4. Haryadi

St. Maria Assumpta Klaten

 


Lebih baru Lebih lama