Kunjungi Klaten, Mbak Casytha Bahas Gen Z

 



kasihinfo.com Klaten – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Klaten menerima kunjungan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Casytha Arriwi Kathmandu, Rabu (10/1/2024). Dalam pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Utama Gedung B Setda Klaten tersebut, dipaparkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Klaten hingga tahun 2045 mendatang.


Paparan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bappeda Litbang Klaten, Pandu Wirabangsa. Ia menyampaikan visi RPJPD Klaten 2025-20245 yaitu Klaten maju, sejahtera, merata dan berkelanjutan. Visi tersebut merupakan persandingan visi pembangunan jangka panjang nasional yaitu mewujudkan negara nusantara berdaulat, maju, dan berkelanjutan.


Dalam kesempatan tersebut, Casytha membahas generasi Z yang menjadi bagian masyarakat di Kabupaten Klaten saat ini. Menurutnya keberadaan Gen Z merupakan variabel yang harus diperhitungkan dalam perencanaan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Klaten.


Ia menggarisbawahi Gen Z sebagai variabel yang penting lantaran sebagaian besar Gen Z saat ini telah memasuki usia produktif. Namun Gen Z memiliki karakteristik yang relatif berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya.


“Gen Z ini tumbuh di era perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Mereka memiliki karakteristik yang kritis dan sangat inklusif,” ungkapnya.


Kondisi tersebut menjadi Gen Z cukup peka dalam kondisi sosial tertentu serta, kata Casytha, dapat mempengaruhi etos kerja.


“Bahkan mereka tidak segan untuk resign dari pekerjaan yang digelutinya saat ini jika memang merasa tidak nyaman dan mempengaruhi kehidupan pribadinya. Sehingga dengan adanya kemungkinan, bisa jadi berdampak pada meningkatnya angka pengangguran di daerah meski ketersediaan lowongan pekerjaan dan penyedia kerja melimpah,” paparnya.


Sebagai penutup, Casytha meminta pemerintah daerah dapat merangkul Gen Z sebagai masyarakat yang produktif. Sehingga diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi daerah. (ang/Kominfo-klt)

Lebih baru Lebih lama