Sinergitas Tokoh Lintas Agama Untuk Merawat Kerukunan Menyongsong Pemilu Damai 2024





Kasihinfo.com Klaten ---  Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten KH Syamsuddin Asyrofi menyampaikan, sinergitas tokoh lintas agama  yang  tergabung dalam Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kecamatan dan Desa / Kelurahan di Kabupaten Klaten diharapkan dapat menjadi sarana untuk merawat kerukunan umat beragama di masyarakat.


Hal itu disampaikan Syamsuddin Asyrofi dalam  acara Rapat Koordinasi dan  pembinaan  PKUB Kecamatan dan Desa/ Kelurahan di aula kantor Kecamatan  Karangnongko  Senin (29/1/2024).


Syamsuddin Asyrofi menyatakan, PKUB Kecamatan dan Desa atau Kelurahan saat ini telah menginspirasi daerah lain dalam merawat kerukunan di masyarakat, sekaligus menjadi contoh dan panutan betapa pentingnya mewujudkan, menjaga dan merawat kerukunan itu dalam kehidupan sehari-hari.


“PKUB menjadi forum yang langsung menjangkau masyarakat dan sebagai garda terdepan dalam mewujudkan, menjaga dan merawat kerukunan antar umat beragama. Karena keberadaan PKUB ini menunjukkan bahwa Klaten bukan hanya indah secara fisik, namun juga hubungan antar umat beragama telah  berjalan secara harmonis,” katanya.


Sementara itu Sekertaris Kecamatan  Karangnongko  yang  mewakili  Camat  setempat  Agus Haryono mengatakan, penguatan PKUB Desa atau Kelurahan di Kecamatan  Karangnongko sangat diperlukan dengan pembinaan dan pendampingan kepada PKUB Kecamatan dan Desa atau Kelurahan yang telah dikukuhkan beberapa waktu yang lalu dari FKUB. 


“PKUB Desa atau Kelurahan merupakan wadah berhimpunnya para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat yang ada di setiap desa di Kecamatan Karangnongko, PKUB menjadi sarana yang efektif  untuk merawat kerukunan,” ujarnya.


Agus Haryono menyambut baik dan merasa senang dengan kehadiran pengurus FKUB Kabupaten  Klaten untuk agenda pembinaan dan forum dialog dengan PKUB Kecamatan dan PKUB Desa di Kecamatan Karangnongko ini.


“Kami sampaikan terima kasih kepada pengurus FKUB Kabupaten Klaten yang telah hadir memberikan pembinaan menindaklanjuti pengukuhan PKUB Desa atau Kelurahan tanggal 16 Nopember 2022 yang lalu dengan turun langsung ke kecamatan dan desa atau kelurahan untuk  penguatan dengan melakukan pembinaan serta pendampingan lebih lanjut di kecamatan dan desa atau kelurahan untuk merawat kerukunan,” ucapnya.


Menurutnya, Kecamatan Karangnongko sebagai daerah yang heterogen, maka upaya merawat kerukunan terus dilakukan melalui tokoh lintas agama.


“Itulah sebabnya semua pihak didorong untuk menggerakkan masyarakat mewujudkan masyarakat  sadar kerukunan. Sudah barang tentu hal ini membutuhkan kondisi masyarakat yang kondusif dan rukun,” pungkasnya.       


Rakor dan pembinaan  PKUB KecamatandanDesa/Kelurahan di Karangnongko juga dihadiri Forkompincam setempat. Kegiatan ini untuk menjaga kondusifitas masyarakat dalam menghadapi pemilu tahun 2024 ini. ( *Moch.Isnaeni* )

Lebih baru Lebih lama