Syamsuddin Asyrofi: FKUB Klaten Membagun Sinergitas Untuk Merawat Kerukunan Antar Umat Beragama

 



Kasihinfo.com Klaten – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Klaten KH Syamsuddin Asyrofi mengatakan bahwa dalam upaya menjaga kondusifitas masyarakat  maka peran tokoh lintas agama  sangat penting dan diperlukan  kehadirannya di masyarakat.    


Hal itu disampaikan Syamsuddin Asyrofi  pada acara  Rapat Koordinasi Paguyuban Kerukunan Umat Beragama  ( PKUB ) Kecamatan dan Desa/Kelurahan  di Kecamatan  Karangdowo  Klaten Selasa ( 30/1/2024 ).


Ketua FKUB Klaten H. Syamsuddin Asyrofi menjelaskan bahwa  pola hubungan yang harmonis antar umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara itu sangat penting untuk penguatan membangun NKRI.


“Oleh karena itu FKUB dan tokoh lintas agama berperan besar dalam pembangunan bangsa untuk menciptakan kerukunan dengan suasana aman dan damai sebagai langkah menuju kerukunan antar umat beragama,” katanya.


FKUB menurutnya dapat  menyadarkan para tokoh lintas agama, bahwa perbedaan tidak menjadi penghalang dan penghambat untuk berinteraksi sosial.


“Perbedaan untuk kebersamaan dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah hal yang sangat diharapkan,” ujarnya.


Dikarakan membangun Sinergitas Untuk Merawat Kerukunan Antar Umat Beragama di Klaten telah menjadi kebutuhan bersama. Hal ini dimaksudkan untuk  membangun sinergi di tengah keberagaman  di masyarakat dalam bingkai NKRI.


"Rakor ini  dilakukan dalam rangka membangun konsolidasi organisasi dan penguatan kerjasama yang sinergis antar  FKUB dan PKUB  berikhtiar untuk menjaga kondusifitas dan merawat kerukunan  menjelang Pemilu Tahun 2024" katanya.


Dijelaskan strategi membangun sinergi dalam keragaman dan keberagamaan di masyarakat akan terus dilakukan oleh FKUB dan PKUB dalam setiap kesempatan untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam bingkai NKRI.


Camat Karangdowo  Tomisilla Adhitama menyampaikan  banyak terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pengurus FKUB Kabupaten Klaten yang telah berkenan memberikan pembinaan dan pendampingan kepada PKUB Kecamatan dan Desa/ Kelurahan di Karangdowo.


 "Pembinaan ini dirasa sangat diperlukan dan sangat  penting untuk membangun sinergitas merawat kerukunan di masyarakat  guna menyongsong pemilu tanggal 14 Februari 2024 yang aman dan damai" katanya.( *Moch.Isnaeni* )

Lebih baru Lebih lama