Syamsuddin Asyrofi : Pentingnya peran FKUB dan PKUB Dalam mendukung pemilu Aman dan Damai




kasihinfo.com Klaten ---  Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Klaten  KH Syamsuddin Asyrofi mengatakan pentingnya peran Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kecamatan dan Desa/ Kelurahan menciptakan suasana harmonis demi mewujudkan pemilu  damai 2024 .  


Hal itu disampaikan Syamsuddin Asyrofi saat memberikan sambutan pada acara Rapat Koordinasi ( Rakor  ) Paguyuban Kerukunan Umat Beragama  ( PKUB) Kecamatan dan Desa se Kecamatan  Ngawen Kabupaten Klaten Selasa  ( 23/1/2024) di Joglo Kantor Kecamatan  setempat. 


Menurutnya upaya yang dilakukan oleh PKUB memiliki dampak positif dalam menjaga keberagaman agama, suku bangsa, golongan, dan bahasa di Klaten.


"Warga Masyarakat , termasuk Klaten , memiliki keberagaman agama, suku bangsa, golongan, dan bahasa. Oleh karena itu, perlu dijaga keharmonisan dalam mewujudkan pemilu yang sukses. Kita harus mencegah potensi ketidakamanan pada pelaksanaan pemilu nanti, sehingga merawat kerukunan umat beragama menjadi suatu kebutuhan mendesak agar dapat mendukung pemilu yang harmonis," kata Syamsuddin. 


Dikatakan kontribusi besar yang dimiliki oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten  adalah dalam mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas pada tahun 2024. 


"FKUB diharapkan dapat menjadi wadah dialog antarumat beragama, meminimalisir potensi konflik, serta menciptakan iklim sosial yang kondusif. FKUB memiliki peran strategis dalam membentuk pemahaman bersama antarumat beragama, menciptakan dialog yang harmonis, dan meredam potensi konflik." katanya.


Menurut Syamsuddin melalui sinergi dan kerjasama antar FKUB dan PKUB serta para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat, dapat memastikan bahwa pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman dan damai.


"Forum Kerukunan Umat Beragama tidak hanya diharapkan menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan umat beragama, tetapi juga menjadi mitra pemerintah dalam mensosialisasikan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi" pungkasnya. 


Sementara Camat Ngawen  Kabupaten Klaten  Anna Fajria Hidayati dalam  sambutannya mengatakan bahwa dalam rakor PKUB bersama tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat ini diharapkan dapat melibatkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk tokoh agama, pemuda, dan perempuan, untuk menciptakan pemilu yang inklusif dan demokratis.


"Dengan sinergi antara pemerintah, FKUB, PKUB dan seluruh elemen masyarakat, diharapkan Kecamatan  Ngawen Kabupaten Klaten dapat menjadi contoh keberhasilan dalam mewujudkan pemilu yang aman, damai, dan demokratis pada tanggal  14 Februari 2024 mendatang." pungkasnya.  ( *Moch.Isnaeni* )

Lebih baru Lebih lama