Hampir Setahun Jalur Pendakian ke Puncak Merapi Ditutup



Kaishinfo.com Boyolali - Aktifitas vulkanik gunung merapi terus meningkat, semburan awan panas hampir setiap hari terus terjadi, hingga saat ini status gunung merapi masih waspada. selama status gunung merapi di level waspada, jalur pendakian ke puncak merapi ditutup. penutupan jalur pendakian merapi hingga kini sudah hampir setahun berlangsung demi keamanan.

Sebagai tanda ditutupnya jalur pendakian ke gunung merapi, di depan kantor balai taman nasional gunung merapi resort selo, boyolali, jawa tengah, sudah terpampang peringatan larangan untuk pendakian menuju pincak merapi. penutupan jalur pendakian menuju puncak gunung merapi sudah dilakukan sejak status gunung merapi dinaikan dari status aktif normal ke level waspada pada 21 mei tahun lalu.

Menurut keterangan kepala resort selo taman nasional gunung merapi, Wahid Adi Wibowo mengatakan, Meski secara resmi jalur pendakian sudah ditutup, namun pada kenyataannya masih saja ada para pendaki gunung dari luar daerah masih tetap berdatangan ke gunung merapi. untuk mengatasi kondisi tersebut, pihak balai taman nasional gunung merapi resort selo selalu melakukan penghadangan terhadap para pendaki gunun, dan menyarankan untuk mengalihkan pendakiannya ke puncak gunung merbabu yang berada di sisi utara gunung merapi. 

“ walaupun secara resmi sudah diberitahukan jika jelur pendakian ke puncak merapi ditutup, namun masih kita dapati para pendaki  dari luar daerah yang berdatangan ke gunung merapi. Terkait Penutupan jalur pendakian ke gunung merapi rencananya akan dilakukan hingga status gunung merapi kembali ke aktif normal” katanya.(r-a)


Lebih baru Lebih lama