Ribuan umat hindu ikuti Tawur Agung Kesanga 1941 saka


Kasihinfo.com Sleman - Ribuan umat hindu rabu 6 maret 2019 , mengikuti pelaksanaan tawur agung kesanga nasional, yang bertempat di pelataran komplek candi prambanan, Sleman, Yogyakarta. Tidak hanya berasal dari jawa tengah dan yogyakarta saja, namun umat hindu juga datang dari beberapa kota di Indonesia.

Dalam Tawur Agung Kesanga tahun 1941 saka ini selain diikuti ribuan umat hindu, juga dihadiri menteri agama Lukman Hakim Saefudin, serta perwakilan muspida dan muspika di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah .

Dalam sambutanya menteri lukman Hakim mengucapkan terima kasih kepada umat hindu, dimana dengan sangat peka terhadap kondisi serta situasi bangsa saat ini, yang sedang menghadapi banyak ujian di tahun politik. Kepekaan umat hindu di tuangkan dalam hari suci Nyepi Tahun Baru Saka 1941 yaitu dengan mengangkat tema “ Melalui Catur Brata Penyepian Kita Sukseskan Pemilu 2019”
“ tema tersebut bukan hanya sekedar jargon saja, melainkan keterlibatan umat hindu untuk membantu mewujudkan pemilu yang damai” Kata Menteri Agama.

Sementara itu, Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia(PHDI) Pusat Mayjen Purn Wisnu Bawa Tanaya mengatakan, inti dari catur brata penyepian adalah, melakukan intropeksi diri agar ke depan menjadi lebih baik. Sedangkan Tujuan utama Tawur Agung Kesanga yaitu membangun harmoni dengan unsur-unsur alam yaitu air, udara, tanah, api, dan angkasa. “ kelima unsur tersebut harus diharmoniskan, karena jika tidak harmonis akan menimbulkan bencana bagi semua makhluk” tuturnya.



Ia menambahkan, sesuai dengan tema hari raya Nyepi Kali ini, seluruh umat hindu diharapkan membantu untuk mensukseskan pesta demokrasi bulan april mendatang.”Sebentar lagi kita akan menyongsong pesta demokrasi, untuk itu kita songsong demokrasi tersebut dengan merdeka dan menggembirakan, sehingga kerukunan serta kedamaian selalu dijaga.


Selanjutnya, esok hari, umat hindu akan melakukan  catur brata penyepian, yaitu amati geni, yaitu berpantang menyalakan api, lampu atau alat elektronik, amati karya yaitu menghentikan kerja atau aktivitas fisik untuk belajar dan refleksi diri atas hidup, amati lelungan yaitu dilarang bepergian, dan amati lelanguan yaitu berpantang menghibu diri atau melakukan kesenangan.(hd)

Lebih baru Lebih lama