Grebeg Trunuh, Warga Gelar Jamasan Gong dan Kirab Tumpeng



Kasihinfo.com Klaten - Hingga kini , banyak pemerintah desa di klaten jawa tengah yang terus mengembangkan potensi desa, guna meningkatkan pendapatan desa setempat. Seperti yang dilakukan oleh pemerintah desa Trunuh, kecamatan Klaten Selatan, Klaten misalnya. Dengan memanfaatkan momentum tradisi bulan suro, yaitu, tradisi Grebeg Trunuh, dikemas dengan meriah. Pelaksanaan Grebeg Trunuh dilaksanakan dengan memetri sendang Sri Mulyani yang berada di dukuh Sraten, desa setempat.

Acara grebeg diisi dengan Jamasan Gong dan Kirab Tumpeng di Sendang Sri Mulyani serta sarasehan di Pendopo Soeboer Sraten.

Menurut panitia Grebeg Trunuh, Riyadi mengatakan, pelaksanaan Grebeg ini kali pertama dilaksanakan, yang bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada, sekaligus untuk mengembangkan wisata air sendang Sri Mulyani Sraten.

“ nantinya kami akan mengembangkan segala polten si ada di desa ini, salah satunya wisata air, dengan mengembangkan Sendang Sri Mulyani” katanya.

Riyadi yang juga sebagai Plt Sekretaris Desa Trunuh itu mengatakan, sumber mata air di Sendang Sri Mulyani sudah ada sejak dulu kala dan tidak pernah kering sepanjang masa. Dengan pelaksanaan Grebeg ini menjadi awal untuk menata potensi air wisata air kedepannya, sehingga bisa menarik untuk dikunjungi warga.

Bupati klaten, Sri Mulyani berharap, keberadaan potensi yang ada salah satunya sendang Sri Mulyani bisa bermanfaat bagi warga sekitar.

 “Semoga Sendang Sri Mulyani ini memberikan barokah kepada masyarakat. Dan semoga, keberadaan Sendang Sri Mulyani dapat terus dikembangkan, sehingga bisa semakin menyejahterakan masyarakat,” harapnya.

Usai Jamasan Gong, acara dilanjutkan dengan sarasehan dan ramah tamah di Pendopo Soeboer Sraten. (h-d)


Lebih baru Lebih lama