Heboh, Ada Superhero Kirab Gunungan Tahu Bakso

Superhero saat panggul gunungan tahu bakso
Di desa Jetis, Klaten Selatan 

Kasihinfo.com Klaten - Minggu pagi, (15/ 9 / 2019), warga desa jetis, kecamatan klaten selatan, mengadakan kirab gunungan tahu bakso keliling desa setempat. Untuk kirab kali ini ada sekitar 20 gunungan dengan berbagai bentuk, yang dihiasai dengan berbagai sayuran dan hasil pertanian lainnya.

Namun diantara bentuk gunungan yang ada, ada yang unik dalam pelaksanaan kirab gunungan tahu bakso, yaitu ada superhero yang ikut memanggul gunungan bakso untuk keliling kampung setempat, seperti, superboy, power ranger, dan spiderman.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir, bupati klaten, sri mulyani dan menyapa warga setempat, selang beberapa menit, ke 20 gunungan tersebut langsung menjadi rebutan warga . bupati berharap, keberadaan UKM tahu bakso akan semakin dikenal masyarakat, dan semakin berkembang.

Menurut panitia kirab gunungan tahu bakso, Aji mengatakan , Kirab gunungan tahu bakso tahun ini merupakan kali kedua digelar muda-mudi One Plus berisi warga Desa Jetis dan Desa Trunuh, kecamatan Klaten Selatan. Bakso yang dikirab tersebut merupakan kontribusi dari warga di desa setempat, pasalnya di desa jetis dan trunuh merupakan sentra industry tahu bakso.

“Kirab ini dimaksudkan untuk menegaskan kembali jika dua desa yang saling berbatasan tersebut merupakan sentra produksi tahu bakso di Klaten sejak lama”, dan sentra industry tahu bakso ini semakin dikenal oleh masyarakat luas “kata Aji.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk kirab tahu bakso kali ini, seluruh bakso yang dikirab wajib dibungkus dengan plastik, sehingga tidak terkena debu saat dikirab mengitari desa setempat.

Sedangkan camat klaten selatan, Joko Hendrawan mengatakan, dengan melihat potensi yang ada, yaitu ada sekiatar seratus lebih perajin tahu bakso di sua desa, di jetis dan trunuh, nantinya akan dibuatakan outlet yang cukup startegis, di penggir jalan jogja solo, guna memasarkan tahu bakso para perajin.

“ dengan adanya outlet tahu bakso itu, nantinya, para ukm tahu bakso semakin berkembang, pasalnya dengan memanfaatkan tempat yang strategis di pinggir jalan besar, produksi tahu bakso semakin dikenal masyarakat luas” kata camat.(h-d) 

Lebih baru Lebih lama