Budaya literasi kembangkan kreativitas siswa MTs N 5 Klaten

siswa MTs N 5 klaten saat membuat mading di depan kelas
Kasihinfo.com klaten- Guna menumbuh kembangkan anak  didik , berbagai cara terus dilakukan pihak sekolah ,  salah satunya dengan pelaksanaan penyuluhan literasi bagi para siswa .  dengan literasi  , anak-anak dituntut untuk semakin gemar membaca dan menulis , sehingga secara otomatis , pengetahuan anak semakin bertambah ,  dan semakin kreatif.


Seperti yang dilakukan oleh MTs negeri 5 klaten , yang berada di desa bawak  , kecamatan cawas  , klaten jawa tengah ,  guna menumbuhkan kembangkan anak didik , kini sekolah setempat membudayakan para siswa tentang literasi sekolah.  salah satu hal yang kini dilaksanakan yaitu pembuatan mading sekolah , yang wajib dibuat setiap kelasnya . menurut Kepala MTs N 5 klaten  , Sri Harjono mengatakan , kegiatan literasi pada dasarnya memantik para siswa agar lebih kreatif , gemar membaca , dan suka berbagi informasi kepada siswa lainnya.  dengan literasi sekolah  , juga diharapakan , menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak , agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan .

Selain pembuatan mading secara rutin,  pihak sekolah juga memberikan berbagai penyuluhan kepada para siswa, seperti pentingnya pemanfaatan media sosial guna berbagi informasi , dan juga penyuluhan bahaya penyelahgunaan narkotika .

“kini para siswa kami kenalkan dengan budaya literasi, baik membaca, menulis hingga pembuatan majalah dinding sekolah  . tidak hanya itu, secara rutin, para siswa juga diikutkan berbagai penyuluhan, seperti penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkotika, hingga penyuluhan pemanfaatan media sosial untuk berbagi informasi” kata Sri Harjono.
Kepsek MTs N 5 Klaten Sri Harjono(tengah) disela pelaksanaan penyuluhan cinta literasi 
Menurut salah satu pembicara dalam pelaksanaan penyuluhan cinta literasi,  di MTs Negeri 5 Klaten,  sabtu,  16 november 2019, Abdul Hakim,  mengatakan jika literasi sangat bermanfaat bagi para siswa.  Kreatifitas siswa akan terus diasah dengan budaya literasi sekolah. Wartawan joglo pos dan juga admin akun youtube kabarepiye tersebut berharap pihak sekolah akan terus mengembangkan dan membiasakan para siswa untuk cinta budaya literasi sekolah, agar siswa semakin kreatif.

Salah satu siswi, Hasri Ageng Wibawati mengatakan jika pelaksanaan literasi di sekolah setempat berjalan dengan baik  , salah satunya pembuatan mading yang secar rutin dilaksanakan  . dengan media mading , para siswa bisa menyalurkan bakat dan ide kreativitas mereka , yang didapatkan dari gemar membaca dan menulis .

“pembuatan mading sendiri sudah berlangsung sejak lama pak, namun karena beberapa bulan terkhir agak vakum, maka kini digiatkan kembali, pasalnya dengan adanya madding, para siswa menjadi lebih kreatif, gemar membaca guna mencari referensi tema yang menarik, dan membuat siswa lebih kreatif”katanya.(h-d)

Lebih baru Lebih lama