Cabup dan cawabup Independent harus miliki dukungan 7,5 % dari DPT



Kasihinfo.com Boyolali - Komisi pemilihan umum,KPU boyolali telah memutuskan, syarat calon bupati dan wakil bupati yang akan  maju dari jalur independen, harus memiliki 60.636 dukungan atau sekitar 7,5 persen dari daftar pemilihan tetap,DPT pemilu 2019 sebanyak 808.469 orang. selain itu , dpt dukungan independen syarat minimalnya tersebar di 12 kecamatan,atau 50 % jumlah kecamatan  yang ada di boyolali.

Hal itu diungkapkan ketua kpu boyolali, Ali Fahrudin,dalam sosialisasi tahapan pencalonan perorangan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 mendatang.  pihaknya menyebut, sosialisasi tahapan calon indipenden merupakan perintah undang-undang, dengan begitu, masyarakat yang ingin maju calon melalui jalur independen dapat mengerti dan memahami syarat yang harus dipenuhi. selain itu,  calon perorangan harus mendapat dukungan lebih dari 50 persen jumlah yang tersebar di boyolali mencapai 22 kecamatan. dengan demikian, dpt dukungan independen syarat minimalnya tersebar di 12 kecamatan.

Sementara ini, ketua kpu mempersilahkan bagi masyarakat yang hendak ikut berpartisipasi dalam pilkada 2020 melalui jalur independen untuk datang ke kpu atau melihat web kpu.  sebagai informasi, calon bupati dan wakil bupati boyolali 2020 jalur independen, mulai dapat melakukan koordinasi dengan kpu mengenai persyaratan dukungan dan penerimaan berkas pada tanggal 25 desember mendatang.  

Sementara,dalam penyerahan syarat dukungan pasangan calon ke kpu harus disertai lampiran fotokopi kartu tanda penduduk , ktp, mulai 11 desember 2019 hingga 5 maret 2020.

“sosialisasi tahapan calon indipenden merupakan perintah undang-undang, maka wajib kami sosialisasikan , sehingga ketikan ada calon independent, mereka akan mengetauhui syarat dan prosedurnya. Seperti harus memiliki 60.636 dukungan atau sekitar 7,5 persen dari daftar pemilihan tetap,DPT pemilu 2019 sebanyak 808.469 orang dan dpt dukungan independen syarat minimalnya tersebar di 12 kecamatan,atau 50 % jumlah kecamatan  yang ada di boyolali” kata ali fahrudin.(j-k)




Lebih baru Lebih lama