korban sengatan tawon hingga masuk rumah sakit, tim relawan musnahkan sarang tawon



Kasihinfo.com Trucuk - Menyusul adanya korban hingga harus dirawat di rumah sakit akibat disengat tawon vespa affinis , relawan damai modal mikir atau damkir, kamis malam (5/12/2019) melakukan pemusnahan sarang tawon.
Pemusnahan atau operasi tangkap tawon(OTT) di lakukan di rumah korban, yaitu milik kenceng dwijo sumarto, warga Mardirejo, desa Kalikebo, kecamatan Trucuk, Klaten.OTT dilakukan dengan cara menyemprotkan bbm jenis pertalite ke sarang, kemudian sarang yang dibawa turun untuk dibakar.
Menurut kepala desa kalikebo,Purwanto mengatakan , pemusnahan sarang dilakukan menyusul salah satu warganya, bapak kenceng , disengat tawon saatnya  memperbaiki genteng rumahnya, dan harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.
“bapak kenceng disengat tawon saat memperbaiki genteng rumahnya, akibat terdampak angin kencang rabu kemarin.  Dan sarang tawon itu berada di dekat genteng yang diperbaiki, untuk itu seluruh sarang tawon yang ada malam ini dimusnahkan”katanya.
Setelah disengat tawon, Korban langsung dibawa ke puskesmas yang  tidak jauh dari rumah korban, namun korban langsung dirujuk ke rumah sakit islam RSI klaten.
Setidaknya ada 3 sarang tawon yang dimusnahakan di mardirejo, desa kalikebo, trucuk klaten kamis malam. Pertama di atap rumahnya Kenceng Dwijo Sumarto RW 03, RT 08, lalu kedua pekarangan milik Siswo Suhono Mardirejo RT 10 RW 03 , dan pekarangan Heru Wahono RT 10 RW 03, karena keberadaan sarang tawon di tiga tempat tersebut sudah meresahkan warga sekitar.
Sedangkan menurut koordinator relawan damkir,  Tara kusetyawan mengatakan , jika bulan terakhir banyak laporan dari masyarakat adanya sarang tawon yang meresakan warga. hal ini dikarenakan saat ini merupakan masa bertelurnya tawon vespa jenis affinis. setiap malamnya, tim relawan melakukan pemusnahan sarang tawon hingga 10 buah sarang .
“untuk setiap harinya mas, kami tim relawan memusnahkan sarang tawon hingga 10 buah, karena bulan terakhir sangat banyak laporan dari warga masyarakat yang masuk ke kita” uangkapnya.
Tim relawan menghimbau kepada warga masyarakat , jika mendapati adanya sarang tawon dan meresahkan warga sekitar, dimohon untuk segera lapor. Agar segera ditangani oleh tim relawan.(h-d)

Lebih baru Lebih lama