Kado Tahun Baru, Gereja Santa Maria Ratu Bayat Resmi Jadi Paroki Mandiri



Kasihinfo.com Bayat – Rabu pagi, tepat di tahun baru (1/1/2019) Gereja Katolik Paroki Santa Maria Ratu Bayat, diresmikan menjadi Paroki mandiri dan lepas dari Paroki Wedi. Sebelum dilakukan penandatanganan prasasti, dilakukan Misa syukur Peresmian paroki Bayat yang dipimpin oleh, Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiatmoko dengan selebran para rama dari paroki wedi, paroki jombor,paroki cawas, paroki klaten, paroki dalem, dan paroki wedi.
Dalam kotbahnya Uskup Agung Semarang Mgr  Robertus Rubiatmoko, mengajak umat untuk tetap memegang semangat guyup rukun guna pengembangan hidup paroki.
 “Agar Umat Katolik Paroki Bayat dikenal oleh masyarakat maka Umat Katolik harus srawung atau  ambyur di tengah masyarakat,”ajak Uskup Robertus Rubiatmoko.
Peresmian Paroki Bayat sebagai Paroki mandiri berdasar Surat Keputusan (SK) Uskup Agung Semarang Robertus Rubiatmoko nomor 1655/10/I/’19. Uskup menunjuk Romo Yakobus Winarto sebagai Romo Paroki Bayat.
Sebelum diresmikan menjadi paroki mandiri, Gereja Katolik Santa Maria Ratu Bayat selama 7,5 tahun berstatus Paroki Administratif, sejak tanggal 22 agustus 2012. Dan kini saat diresmikan menjadi paroki mandiri,jumlah umat kurang lebih 1100 an jiwa dari 500 an kepala keluarga. Saat ini jumlah lingkungan ada sekitar 10 lingkungan.
Bapa Uskup Rubiatmoko berharap, Umat Katolik Paroki Bayat, yang berada di Lemah Miring, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah selalu mohon pada Ibu Maria agar selalu membimbing Umat Katolik di paroki setempat.
Usai pelaksanaan misa syukur dilaksanakan penandatangan prasasti. selain dihadiri umat katolik untuk mengikuti misa syukur, juga di hadiri Muspika Bayat, warga masyarakat sekitar yang diwakili RT dan RW setempat. Usai misa di meriahkan berbagai hiburan dari PIA dan drumband TK Indriasana dan diakhiri dengan penanaman pohon glodok pecut sebagai simbol pecut bagi Umat Katolik Bayat. Selama perayaan syukur, selain dari TNI Polri, dalam menjaga keamanan,  juga dibantu  dari Pemuda Pancasila, Banser, Senkom, dan lainnya. (ksd/hd)


Lebih baru Lebih lama