Perhatian pada warganya, Bupati pilih kunjungi kampung terisolir di lereng Merapi saat libur tahun baru

Bupati klaten Hj Sri Mulyani Saat mengunjungi kampung Girpasang Rabu(1/1/2020)


Kasihinfo.com Kemalang – Sebagai bentuk perhatian kepada warganya, dilibur tahun baru 2020, Bupati klaten Hj Sri Mulyani justru memilih mengunjungi kampung terisolir di lereng Gunung Merapi tepatnya di Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang rabu (1/1/2020). didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan  sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Klaten, Bupati juga menyampaikan rencana pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Dukuh Ngringin dengan Dukuh Girpasang. Kedatangan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani tersebut juga disambut tokoh masyarakat  Dukuh Girpasang Yosorejo (65 tahun) dan Supadmo (69 tahun).

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengatakan jika, warga yang tinggal di Dukuh Girpasang ada sekitar 39 jiwa, namun kalau untuk ke luar dari Dukuh Girpasang warga harus menyusuri lembah dengan 1001 tangga yang membutuhkan tenaga ekstra kuat. Maka Pemkab Klaten berupaya membantu warga Dukuh Girpasang dengan membangunkan jembatan gantung dengan panjang sekitar 120 meter.

Terkait rencana pembangunan jembatan gantung sendiri , Bu[ati sudah menyampaikan kepda Presiden RI, Ir H Joko Widodo. Jika dibangun jembatan permanen yang menghubungkan Dukuh Girpasang dengan Dukuh Nringin maka biayanya hampir Rp 10 miliar, namun jika dibangun jembatan gantung biayanya sekitar Rp 1 miliar, sehingga direncanakan untuk menghubungkan antara Dukuh Girpasang dengan Dukuh Ngringin akan dibangun dengan jembatan gantung.

untuk pembangunan jembatan gantung tersebut, Pemkab Klaten mengajukan anggaran ke pemerintah pusat atau mengajukan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, Pemkab Klaten berupaya agar pembangunan jembatan gantung untuk menghubungkan antara Dukuh Girpasang dengan Dukuh Ngringin dapat terlaksana pada tahun 2020 ini. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, membantu Rp 20 juta untuk pembangunan tangga beton yang ada di lembah antara Dukuh Girpasang menuju Dukuh Ngringin yang sebagian ambrol karena tergerus hujan beberapa waktu lalu.

Camat Kemalang, Budi Prasetyo SSos didampingi Kades Tegalmulyo Sutarno mengucapkan terimakasih kunjungan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani ke Dukuh Ngringin dan Dukuh Girpasang. Kemudian juga menyampaikan apresiasi atas rencana pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan antara Dukuh Girpasang dan Dukuh Ngringin.

Kades Tegalmulyo Sutarno menambahkan  jembatan gantung yang   akan dibangun untuk menghubungkan antara Dukuh Girpasang dan Dukuh Ngringin, nantinya tidak saja menjadi akses jalan warga Dukuh Girpasang saja. Namun, akan menjadi akses jalan bagi semua warga yang akan menuju ke Dukuh Girpasang dan semoga pembangunan jembatan gantung tersebut dapat segera dilaksanakan pada tahun 2020 ini.(humas /hd)

Lebih baru Lebih lama