Jelang ramadhan saat pandemi corona, tradisi padusan di umbul pengging di tiadakan

Umbul pengging pasca ditutup sementara.


Kasihinfo.com Boyolai - Menjelang bulan ramadan masyarakat di jawa biasa melakukan tradisi padusan atau mensucikan diri sebelum melaksanakan ibadah dibulan ramadhan. namun ditengah pandemi corona saat ini tradisi tersebut ditiadakan dan obyek wisata tempat padusan ditutup.

Salah satu obyek wisata yang ditutup karena pandemi corona adalah umbul pengging, di kecamatan banyudono, boyolali. umbul ini ditutup sejak tanggal 20 maret lalu. menjelang bulan ramadhan kawasan ini biasanya ramai oleh warga yang mengikuti tradisi padusan, namun tahun ini tradisi membersihkan diri tersebut ditiadakan oleh pemkab boyolali .

Kebijakan tersebut dilakukan demi memutus penyebaran virus corona. satu hari menjelang bulan ramadhan umbul pengging terlihat sepi dan hanya ada beberapa orang pengelola obyek wisata tersebut sedang bersih bersih lingkungan.

Menurut pengelola umbul pengging, wardoyo,  pada tahun-tahun  sebelumnya dua hari menjelang bulan puasa objek wisata dibanjiri oleh ribuan pengunjung untuk mengikuti tradisi padusan, namun saat ini pihaknya harus patuh kepada pemerintah demi menghindari adanya kerumunan masyarakat.

"Kalau tahun lalu mas, biasanya satu atau dua hari jelang puasa, umbul ini dibanjiri pengunjung. namun ditahun ini, tradisi tersebut ditiadakan" katanya.(t-i)
Lebih baru Lebih lama