Kapolres Resmikan Kampung Siaga Covid-19 di Desa Jomboran, Ini Alasannya.



Kasihinfo.com Guna memutus serta pencegahan menyebarnya covid-19 jajaran forkompinda kabupaten Klaten bekerjasama dengan pemerintah Desa Jomboran meresmikan kampung siaga covid-19 Senin 13/4/2020.

Dalam keterangannya Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan Forkompinda kabupaten Klaten bekerja sama dengan pemerintah Desa Jomboran Klaten Tengah meresmikan kampung siaga covid-19 bukan guyonan tapi desa ini akan di jadikan sebagai contoh bagi desa yang lain.

Dimana desa ini sudah mendapat SOP terkait pencegahan, penularan virus corona ini, bagi pendatang yang pulang kampung, mereka sudah siapkan SOP-nya, punya posko 1x 24 jam ukur suhu badan juga diwajibkan pakai masker, serta depan rumah disediakan tempat cuci tangan. Lanjut Wiyono Eko Prasetyo

Sedangkan dampak ekonomi bagi warga, akan bekerjasama dengan pemerintah Desa dengan teknis tertentu bagaimana cara desa membantu warga kurang mampu untuk bertahan secara ekonomi menghadapi covid-19 ini, sehingga betul-betul bisa mandiri.

Agar program ini bisa bersinergi pemerintah desa sampai pusat, bila sudah tercover oleh pemerintah pusat, provinsi serta kabupaten maka desa akan mencari masyarakat lainnya yang tidak mendapat bantuan.  Pungkasnya

Senada dengan Kapolres Klaten, Kades Jomboran Agung Nugroho mengatakan dalam menangani covid-19 ini ada tiga prota bagi pemudik yang sudah disiapkan di posko desa yakni berkumur dengan air garam, mandi atau cuci tangan dan muka, dan isolasi selama 14 hari, dan bila mengalami gejala batuk, flu maupun demam segara periksa di puskesmas terdekat.

Selanjutnya Agung dalam keterangannya mengatakan terkait dampak ekonomi  sudah di siapkan jaring pengaman sosial sedangkan gardanya ada di warga yang mampu, dari pendataan nanti bagi warga yang mampu tadi mengamankan di lingkungan masing masing minimal satu warga. Tuturnya (fat)
Lebih baru Lebih lama