TMMD ditengah pandemi corona, over prestasi


Kasihinfo.com klaten - Meskipun dikerjakan di tengah merebaknya pandemi virus corona, namun pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I di Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten masih mampu over prestasi. Kegiatan TMMD yang over prestasi tersebut berupa pembangunan betonisasi jalan dan talud pengairan yang sangat bermanfaat bagi warga.

Demikian dikatakan Dandim 0723 Klaten, Letkol Kavaleri Minarso, SIP didampingi Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap I di Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Letnan Satu ARH Warsono saat pada acara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I di Desa Pasung, Kecamatan Wedi yang diadakan di Halaman Pendopo Pemkab Klaten, Selasa pagi, 14 April 2020.

Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I di Desa Pasung sebenarnya akan diadakan di Lapangan Desa Pasung, Kecamatan Wedi. Namun karena saat ini baru pandemi virus covid-19, maka penutupan TMMD  diadakan di Halaman Pendopo Pemkab Klaten.

Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I dilakukan dengan sederhana dihadiri Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten. Penutupan TMMD menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan covid-19 semua memakai masker, sebelum masuk lokasi di tes suhu tubuhnya, cuci tangan pakai sabun dan menerapkan social distancing.

Lebih lanjut  Letkol Kavaleri Minarso, SIP mengatakan, tema TMMD Sengkuyung Tahap I di Desa Pasung adalah TMMD Pengabdian untuk Negara. Sasaran pokok betonisasi jalan dengan panjang  600 meter, lebar  3 meter dan tebal 15 centi meter  selesai 100%  dan pembuatan talud dengan panjang  400 meter, tinggi 1 meter, lebar talud 40 centi meter juga selesai 100%.

Dikatakan, selain itu sasaran tambahan berupa rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 10 unit selesai 100%, jambanisasi keluarga 5 unit selesai 100% dan rehab tempat ibadah 1 unit juga terselesaikan 100%. Selain itu juga telah dilaksanakan penyemprotan massal disinfektan di Desa Pasung, pembagian paket sembako dan pembagian masker.

Adapun pembangunan yang over prestasi, kata Letkol Kavaleri Minarso, SIP, berupa betonisasi jalan panjang 200 meter, lebar 3 meter, tebal 10 centi meter selesai 100%. Kemudian pembangunan talud saluran air sepanjang 100 meter, tebal talud 40 centi meter dan tinggi talud 1 meter dan dapat selesai 100%.

Pelaksanaanaan TMMD tersebut menghabiskan anggaran sebesar  Rp634 juta  yang berasal dari APBD Provinsi sebesar Rp279 juta dan APBD Kabupaten sebesar Rp335 juta serta swadaya masyarakat sejumlah Rp20 juta.

Acara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I ditandai panandatanganan berita acara penyerahan hasil pekerjaan yang ditandatangani Dandim 0723 Klaten, Letkol Kavaleri Minarso, SIP dan Bupati Klaten Hj Sri Mulyan. Kemudian juga  ditandai penandatanganan prasasti pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I di Desa Pasung, Kecamatan Wedi oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani  disaksikan unsur Forkompimda Klaten serta jajaran Kepala OPD di lingkup Pemkab Klaten.

Unsur Forkompimda Klaten yang hadir selain Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dan Dandim 0723 Klaten Letkol Kavaleri Minarso, SIP, juga dihadiri  Kapolres Klaten  AKBP Wiyono Eko Prasetyo, SIK, MIK, Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo SIKom. Kemudian dari Pemkab Klaten tampak hadir Sekda Klaten Drs H jaka Sawaldi MM, Asisten I Sekda Klaten dr Ronny Roekmito MKes dan jajaran pejabat Pemkab Klaten.  (Bagian Humas Setda Klaten)
Lebih baru Lebih lama