Sejumlah tempat ibadah ajukan permohonan keterangan aman covid 19

Tim gugus tugas kecamatan saat melakukan pengecekan di gereja Pantekusta Karanglo, Klaten selatan.
Jumat,(03/07/2020)

Kasihinfo.com Klaten - Sejumlah pengurus tempat ibadah di kecamatan klaten selatan kabupaten klaten mulai mengajukan surat keterangan aman covid 19 ke gugus tugas tingkat kecamatan. Penggunaan tempat ibadah baik Masjid Gereja maupun Pura, yang pada prinsipnya mengakomodir untuk masyarakat, walau masih dalam situasi  darurat, namun mereka harus mematuhi protokol kesehatan.
Tim gugus tugas covid-19 tingkat kecamatan klaten selatan, jumat pagi(03/07/2020)  melaksanakan pengecekan tempat ibadah di gereja wilayah desa karanglo, kecamatan klaten selatan. kegiatan tersebut dalam upaya kesiapan menyongsong dibukanya kembali tempat ibadah terutama gereja sebagai tempat ibadah bagi umat nasrani, dalam menghadapi new normal atau kenormalan baru, di tengah pandemi wabah covid-19.

Ketua tim gugus tugas covid-19 kecamatan klaten selatan, joko hendrawan menghimbau agar umat mematuhi protokol kesehatan dan sarana yang wajib dimiliki tempat-tempat ibadah pada saat diberlakukannya new normal. pengurus gereja harus menyiapkan berbagai sarana pendukung, seperti thermogun, tempat cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta penyemprotan disinvektan sebelum beribadah.

“ selain penerapan protocol kesehatan, pengurus tempat ibadah juga harus menyiapkan berbagai sarana pendukung, seperti fasilitas tempat cuci tangan dnegan sabun dan air mengalir, dan masih banyak lainnya” katanya.

sampai saat ini baru ada 2 gereja di wilayah klaten selatan yang mengajukan ijin pengaktifan untuk peribadatan, dan  beberpa  masjid.  untuk memastikan protokol kesehatan tersebut dijalankan sebagaimana mestinya, diharapkan adanya check list kebersihan yang dilakukan oleh pengurus tempat ibadah secara berkelanjutan, sehingga kebersihan tempat ibadah tetap terjaga.

Sementara, kepala desa karanglo cosmos widodo menuturkan, ada 2 gereja yang sudah mengajukan ijin untuk mengadakan ibadah dan hari ini pengecekan lokasi terkait persiapan tersebut, intinya saat ini hidup sekarang harus dirubah supaya lebih sehat, ketika keluar rumah wajib memakai masker, selalu cuci tangan dan tetap jaga jarak atau tidak berkerumun.(p-t)




Lebih baru Lebih lama