Sepeda Kayu Buatan Sarijo Sempat Ditawar Puluhan Juta


Sepeda kayu buatan Sarijo, warga Tambakan, Jogonalan, Klaten, terbuat dari limbah kayu.

Kasihinfo.com Klaten – Unik lucu dan menarik, adalah kata yang patut diucapkan saat melihat deretan sepeda klasik yang dimiliki Sarijo, warga desa Tambakan, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah. siapa sangka deretan sepeda kayu miliknya tersebut merupakan sepeda kayu yang dibuat dari sisa bahan produksi limbah kayu perusahaan yang tidak berguna.

Ditangan, sarijo, (48) tahun limbah kayu perusahaan tempat kerjanya yang tidak berguna mampu disulap menjadi sejumlah kerajinan sepeda kayu yang unik dan klasik. berbekal ketelatenan dan keketrampilan yang dimiliki ia mampu membuat sebanyak 4 jenis sepeda kayu unik dan sebuah sepeda motor berbahan kayu limbah.

setidaknya 4 model sepeda yang mampu dibuatkanya mulai dari model siput hingga model klasik. tak heran sepeda kayu buatan sarijo bisa menjadi alternatif di gunakan saat warga heboh dengan olah raga sepedaan di saat masa pendemi covid 19.bahkan saat ini sepeda kayu buatan sarijo sudah sering di gunakan dan dipakai hingga keliling di jalan raya  hingga solo dan jogja dan sejumlah tempat wisata.

 meski terasa berbeda dengan menaiki sepeda pada umumnya, namun sepeda buatan sarijo inipun sering membuat perhatian tersendiri saat di pakai di jalan umum, karena model yang unik  dan bahan yang digunakan.

beberapa sepeda kayu buatan sarijo ini sempat di tawar warga hingga puluhan juta. bahkan order untuk membuat sepeda kayu juga sempat dari beberapa turis asal luar negeri mulai dari jepang, korea hingga india. proses pembuatan sepeda kayu inipun berfariasi mulai dari satu minggu hingga 1 bulan lebih tergantung model dan tingkat kesulitan dari model sepeda kayu ini sendiri.

selain untuk menyalurkan hoby dan bakat, kerajinan sepeda kayu ini bisa menjadi inspirasi memanfaatkan limbah kayu perusahaan untuk dibuat kerajinan.


“awalnya itu saya melihat jam dinding, dan saat itulah punya pikiran untuk buat sepeda dari limbah kayu. Dengan memanfaatkan limbah kayu di tempat saya bekerja, dan jadilah sepeda kayu tersebut” kata Sarijo.

selain sepeda kayuh dari kayu, sarijo juga membuat sepeda motor berbahan kayu yang dilengkapi mesin motor bekas dan bisa digunakan di jalan. diharapkan dari inovasi warga klaten ini mampu menjadi hiburan dan inspirasi warga, dengan sepeda kayu saat ramai warga bersepeda di masa pandemi covid 19 ini.(s-e)


Lebih baru Lebih lama