Termasuk Wilayah Resiko Rendah, Kabupaten Klaten Menjadi Zona Kuning Covid-19


Kasihinfo.com Klaten - Kabupaten Klaten yang semula masuk dalam Zona Risiko Sedang Covid-19 atau zona oranye, kini statusnya turun menjadi Zona Risiko Rendah Covid-19 atau zona kuning. Meski demikian, kondisi itu tidak boleh membuat pemerintah dan masyarakat lengah dan harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin agar penularan bisa dicegah.

Demikian dikatakan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani disela-sela  kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap III bagi keluarga miskin terdampak Covid-19 di Balai Desa Ngabeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Rabu, 8 Juli 2020.   Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengucapkan syukur atas beralihnya status Klaten menjadi zona risiko rendah dari penularan Covid-19.

Dikatakan, Kabupaten Klaten menjadi salah satu dari 36 wilayah di Indonesia dan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beralih menjadi zona risiko rendah Covid-19 per Minggu, 5 Juli 2020.    Dengan demikian, penularan virus corona di Klaten cenderung rendah meski sebelumnya berada di zona risiko sedang yang ditandai warna oranye.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengatakan, dengan Kabupaten Klaten menjadi menjadi Zona Risiko Rendah Covid-19 atau zona kuning, sudah seharusnya untuk  disyukuri Tapi jangan membuat masyarakat dan pemerintah serta gugus tugas pencegahan covid-19 Kabupaten Klaten menjadi terlena, semua harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Karena itu, imbuh Bupati, Pemkab Klaten akan terus bekerja keras untuk mempertahankan status zona risiko rendah terhadap penyebaran Covid-19 ini. Pemkab Klaten tidak akan   henti-hentinya turun ke bawah untuk mendisiplinkan masyarakat. Tujuannya untuk mempertahankan zona kuning atau zona resiko rendah dan untuk menuju zona hijau atau kabupaten yang tidak terdampak covid-19 sekaligus melakukan persiapan pelaksanaan era new normal.

Bupati Klaten menyatakan, Pemkab tidak akan terburu-buru untuk persiapan new normal. Pihaknya akan menunggu dalam satu minggu ini. Jika dalam satu minggu ini  tetap pada zona kuning, Pemkab Klaten baru akan memasuki era new normal, karena perlu persiapan matang dan perlu koordinasi dengan banyak pihak. 

Sekadar diketahui, ada empat kategori wilayah terkait penyebaran Covid-19, yaitu wilayah risiko tinggi yang ditandai dengan zona merah, risiko sedang ditandai dengan zona oranye. Kemudian, risiko rendah dengan zona kuning, dan zona hijau yang menjelaskan kabupaten atau kota tidak atau belum terdampak virus corona. (Bagian Humas Setda Klaten)
Lebih baru Lebih lama