Unik, Ada Robot Lakukan Upacara Hut RI

Sejumlah robot, saat ikut dalam pelaksanaan upacara HUT RI ke 75 di LPK Auto Robot School Klaten.


Kasihinfo.com - Berbagai cara dilakukan guna memperingati HUT RI yang ke 75 .Di klaten Jawa Tengah  , ada 4 siswa yang tetap melaksanakan upacara , namun kali ini dengan menggunakan robot yang mereka buat sendiri , mengingat masih dalam masa pandemi corona .

Upacara bendera ini digelar di LPK Auto Robot School Klaten,Jl.kopral Sayom, no.23, jetak kidul, Karangano, Klaten Utara, kamis siang(14/08/2020) sepenuhnya menggunakan robot, sebagai petugas upacara, lalu dioperasikan oleh 4 siswa tersebut. mirip dengan upacara sungguhan, mulai dari peserta upacara komandan kompi upacara, dan pemimpin upacara, pembina upacara, serta pengibaran bendera juga menggunakan robot.

Menurut ketua panitia pelaksanaan upacara , Agur Yake Mulia, Upacara pengibaran bendera merah putih ini, dilakukan untuk memperingati HUT RI  ke 75. jiwa nasionalis sudah dimiliki oleh siswa, meski ditengah masa pandemi corona, siswa ini juga inisiatif untuk memggelar upacara bendera namun menggunakan robot.

“Anak-anak ini memang sudah suka dunia robot sejak dari kecil. Kemudian beberapa pekan yang lalu saya kasih tantangan untuk membuat robot yang akan diperuntukkan dalam pelaksanaan upacara HUT RI ke 75 ini. Seperti robot bisa hormat, serta gerakan upacara yang lainnya. Mereka meodifikasi serta memprogram robot sendiri” Kata Agur.

Menurut salah satu siswa, dirinya mengaku kesulitan dengan pembuatan robot ini dengan masa pembuatan sekitar 3 minggu lamanya. mereka  mengaku hanya sempat latihan untuk bisa upacara bendera selama 2 hari, dan langsung pelaksanaan upacara.  kreativitas dan jiwa nasionalis anak ini terpancar, saat mereka sudah berhasil merancang robot untuk upacara bendera. meski ditengah pandemi covid, aktivitas belajar mengajar dilakukan rumah, namun ketrampilan mereka untuk membuat robot sangat baik.

“saya deg-degan mas, disaat tadi pelaksanaan upacara, salah satunya disaat disuruh membaca” kata Muhammad Eko, salah satu siswa yang punya keinginan ahli dalam membikin robot.(s-a)


Lebih baru Lebih lama