PDAM Klaten siap luncurkan air minum dalam Botol, Tepat di HUT ke-43 kamis besok


Direktur PDAM Klaten Irawan Margono, saat menunjukkan produk air kemasan "TIRTA MERAPI" Rabu, (9/9/2020).

Kasihinfo.com Klaten - Bertepatan dengan hari ulang tahun HUT PDAM Tirta Merapi Klaten yang ke-43, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) klaten, melakukan inovasi dengan meluncurkan produk air minum dalam kemasan AMDK “TIRTA MERAPI”. Rencananya peluncuran produk tersebut akan dilakukan pada hari kamis,(10/9/2020), di kantor setempat.

Direktur PDAM Klaten Irawan Margono mengatakan, peluncuran produk AMDK sendiri didasari akan kabupaten Klaten yang kaya akan sumber air, sekaligus adanya ide dan gagasan dari jajaran BUMD air minum untuk membuat AMDK.

“ Sebuah inovasi, yang notabene kabupaten Klaten yang kaya akan air, maka kami yang berada di jajaran BUMD air minum, memiliki keinginan membuat air minum dalam kemasan atau AMDK Tirta Merapi. nantinya warga masyarakat bisa menggunakan produk tersebut dan menjadi kebanggaan kabupaten Klaten” kata Irawan Margono, Rabu (9/9/2020) di kantor PDAM Klaten.

Untuk sementara, AMDK Tirta Merapi baru diproduksi dalam kemasan botol kecil ukuran 330 ml. untuk awal, baru diproduksi sekitar 400 karton atau sekitar 1200 botol. Untuk harga nantinya bisa bersaing dipasaran, dengan air mineral yang lainnya, dengan volume yang sama.

Irawan Margono menambahkan, Seperti pesan Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani,  seluruh jajaran OPD dan teman teman BUMD  bisa menggunakan produk BUMD air minum, dalam hal ini PDAM Tirta Merapi. Dengan harapan, ini semakin berkembang, semakin bisa menjadi kebanggan dan semakin bisa mendapatkan keuntungan, yang nantinya juga bisa bermanfaat bagi warga masyarakat kabupaten Klaten.

Dikarenakan sudah banyak jenis produk air kemasan yang sudah beredar dipasaran, maka sebagai produk baru, berbagai strategi telah dipersiapakan oleh PDAM Tirta Merapi. Yang pertama bermain dengan pasar, tentunya harga jual harus kompetitip. Membuat produk cepat dikenal oleh warga masyarakat, dan bagaiman produk tersebut bisa dan makin dicintai oleh masyarakat.

  nantinya kita sebagai produk baru, bisa bermain dipasaran, mudah-mudahan nanti bisa dibawah atau selisih sedikit dengan harga di pasaran. Semoga cepat dikenal oleh masyarakat, dan mudah-mudahan semakin hari produknya semakin dicintai oleh masyarakat, sehingga produk akan laris dipasaran, dan harapanya bisa menjadi kebanggan masyarakat klaten” tambah Margono.

Ia menambahkan, menurut uji laboratorium, TDS ( Total Dissolved Solids) atau jumlah larutan padat yang terkandung dalam AMDK Tirta Merapi dibawah 10 ppm. Hal tersebut sangat baik dalam membantu meringankan fungsi kerja ginjal, dimana ginjal kita akan ringan kerjanya dalam menyaring larutan padat dalam air.

Dalam proses produksinya, PDAM Tirta Merapi bekerja sama dengan salah satu perusahaan pembuatan air minum dalam kemasan di perbatasan kabupaten Klaten dan Kabupaten sleman, Yogyakarta, mengingat biaya produksi pabrik air minum tidaklah sedikit. Untuk sementara, nantinya pemasaran produk AMDK “TIRTA MERAPI” akan fokus di pasar kabupaten klaten.

“Selanjutnya, nanti akan dilihat pangsa pasarnya, dan jika bagus akan di ditambah dengan produk lain seperti kemasan galon yang isi ulang, namun untuk sementara fokus di botol kecil ukuran 330 ml” pungkasnya. (h-d)


Lebih baru Lebih lama