Pengukuhan DPD LDII Kabupaten Klaten, Ketua DPW LDII Jateng berpesan, manfaatkan IT di Masa Pandemi

 

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani bersama perwakilan Muspida saat foto bersama pengurus DPD LDII klaten yang baru. Sabtu, (12/9/2020)

Kasihinfo.com Klaten -  Bertempat di Pendopo Setda Katen, dilakukan Pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) kabupaten Klaten masa bakti 2020-2025. Sabtu,(12/9/2020). Pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan oleh ketua DPW LDII Propinsi jawa tengah , Prof.Dr.H. Singgih Tri Sulistiyono, M.Hum, dengan disaksikan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, beserta jajaranya, serta perwakilan beberapa ormas Islam.

Dalam sambutanya, ketua DPW LDII Propinsi jawa tengah , Prof.Dr.H. Singgih Tri Sulistiyono, M.Hum, mewakili kepengurusan di DPW Jawa Tengah, menyampaikan pesan kepada para pengurus baru. Pesan tersbut antara lain,  yang pertama, perlu menjadi perhatian, bahwa kepengurusan saat ini berada di tengah situasi yang penuh tantangan dari segala sendi,  Baik itu tantangan yang bersifat global, maupun tantangan yang bersifat internal.

Ia mengatakan jika tantangan global, bukan hanya urusan pemerintah pusat saja, terlebih dengan kemajuan teknologi yang terjadi saat ini, menghapus batas-batas, sehingga semua orang bisa mengakses informasi apapun dari seluruh dunia. Perlu adanya banteng diri dari berbagai pengaruh negatife dari keberadaan teknologi. Termasuk pengaruh cara berpikir, pengaruh budaya, pengaruh gaya hidup, yang mungkin banyak dan tidak sesuai dengan kepribadian warga Indonesia.

“Ini adalah cara nyata yang dihadapi oleh pemerintah dan kita bangsa Indonesia saat ini, dan cara nyata umat islam dalam membentengi dari pengaruh negative yang ada” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kepada para pengurus yang baru dikukuhkan, untuk membuat program-program yang sekiranya memberikan kemanfaatan bagi warga masyarakat, bangsa dan Negara. Bisa memberikan solusi bagi permasalahan yang sering dihadapi. Program yang berbasis pada penyelesaian masalah.

“buatlah program yang bermanfaat dan memberikan solusi bagi permasalahan warga masyarakat. Jangan terlalu membebani masyarakat” imbuhnya.

Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani dalam sambutanya,  mengapresiasi serta mengucapkan selamat kepada para pengurus yang terpilih dan mendapatkan kepercayaan, sebagai pengurus Dewan Pimpinan Daerah kabupaten Klaten, massa bhakti 2020-2025.

Bupati mengatakan jika pengukuhan ini sebagai langkah awal dalam melaksanakan tugas dan pengabdian, sebagai pengurus LDII di tingkat Kabupaten Klaten, dalam upaya untuk membangun, jaring dan nilai ukuwah di antara umat Islam saat ini. Kpengurusan LDII harus mampu, mempererat antar umat, jangan sampai  antar umat Islam mudah sekali berselisih, dikarenakan beda prinsip atau beda metode dalam berdakwah.

“pesan buat kepengurusan baru, dimana pengukuhan ini sebagai langkah untuk mengabdi, harus mampu membangun jaringan antar antar umat beragama, jika nantinya memang ada perselisihan,beda pendapat,  segera duduk bersama, selesaikan dengan cara kekeluargaan” pesan Bupati.

Usai pelaksanaan pengukuhan, Ketua DPD LDII Klaten Sarjono mengatakan, di masa pandemi Covid 19 ini, kepengurusan yang baru dituntut untuk memanfaatkan IT yang ada untuk meminimalisir kontak fisik yang terjadi.  DPD LDII klaten telah menyiapkan tim IT untuk menunjang segala keperluan baik untuk ibadah, pertemuan internal umat, bahkan kedepannya akan digunakan untuk pertemuan dan kepentingan anatar umat beragama.

“Seperti yang disampaikan oleh ketua DPW LDII Jateng, prof singgih, nantinya akan kita jabarkan dalam penggunaan IT, terlebih di massa pandemi  saat ini. Kebetulan di LDII, bagian IT dan tenaganya sudah ada,  termasuk kegiatan antar ormas yang terdampak sehingga putus akibat pandemi ini, nanti kita kaan jalin kembali dengan memanfaatkan teknologi. Kami juga sudah memanfaatkan IT dengan sejak bulan Ramadan kemarin hingga saat ini” katanya.

Seperti diketahui, komposisi personalia Dewan penasihat dan dewan pimpinan daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Klaten masa bakti 2020 – 2025, yaitu, Dewan penasihat ketua : K.H. Suharto, B.A. untuk sekretarinya  H.Sunarto, S.E., M.M, sedangkan pengurus harian yang terpilih sebagai ketua, Drs. H. Sarhjono, M Tp dan sekretarisnya Jamaluddinaris, S.E.    (h-d)

 

 

Lebih baru Lebih lama