Merapi siaga, Polres Klaten pastikan kesiapan tanggap bencana


Kasihinfo.com Klaten - Menghadapi  musim penghujan tahun 2020 dan meningkatnya aktifitas Gunung Merapi, Polres Klaten menggelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana,  Jumat (6/11/20).


Apel  dilaksanakan di halaman Mapolres Klaten yang diikuti oleh para anggota dan perwira Polres Klaten serta para Kapolsek dan seluruh kanit jajaran. Dalam apel tersebut juga dihadirkan peralatan kebencanaan yang dimiliki Polres Klaten diantaranya kendaraan  evakuasi,  alat keselamatan perorangan,  gergaji mesin,  perahu karet, peralatan tali temali dan yang terakhir  adalah quick respon set dari Sat Sabhara. 


Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, SIK.  MH dalam amanatnya mengatakan bahwa apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan Polres Klaten dalam menghadapi kejadian bencana alam. Diantara  dengan pengecekan  peralatan dan mengecek kemampuan personel. 


"Pada musim hujan tahun 2020 ini BMKG menyatakan bahwa di sebagian besar wilayah  Indonesia akan dilalui siklon La nina yang berpotensi mengakibatkan peningkatan durasi dan curah hujan dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga menuntut kewaspadaan dan kepekaan yang lebih ekstra." ujar Kapolres 


Selain masalah hujan, Kapolres juga meminta kesiapan para personel terkait meningkatnya  aktifitas Gunung Merapi sesuai hasil pemantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) yang mana status keaktivan Gunung Merapi meningkat dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III). 


"Hal tersebut harus kita waspadai dimana Kab. Klaten terdapat 3 dusun di Desa Sidorejo dan 3 dusun di Desa Balerante Kec. Kemalang yang masuk sebagai kawasan rawan bencana III erupsi gunung merapi"


Kapolres kemudian menambahkan bahwa pihaknya bersama dengan Forkompinda Kab. Klaten telah mengecek langsung ke wilayah Kec. Kemalang (5/11) yang menurutnya masyarakat di kawasan tersebut sudah siap menghadapi  bencana erupsi.  


"Lokasi pengungsian maupun masyarakat sudah siap. Masyarakat disana sekarang sudah tinggi kesadarannya, kepala desa menjamin apabila diminta evakuasi maka masyarakat bersedia."


Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana tahun 2020 Polres Klaten ditutup dengan pengecekan kelengkapan peralatan oleh Kapolres Klaten dan pengecekan kemampuan personel dalam mengoperasikan peralatan tersebut.(humas polres)

Lebih baru Lebih lama