Tahun 2021, TP PKK Klaten Selatan, fokus pada pemberdayaan perekonomian di tengah pandemi Covid 19


 Rapat Konsultasi TP PKK Klaten Selatan. Rabu, (16/12/2020) di gedung AL Hakim

Kasihinfo.com Klaten Selatan - Tim Penggerak PKK kecamatan Klaten selatan, rabu pagi, 16 desember 2020, menyelenggarakan rapat konsultasi, bertempat di gedung pertemuan AL Hakim, Klaten Tengah, Klaten. Rapat konsultasi diikuti puluhan pengurus dari beberapa pokja PKK se kecamatan Klaten Selatan. Selama pelaksnaan rapat konsultasi, tetap mematui dan melaksanakan kegiatan sesuai protocol kesehatan.

 

Ketua TP PKK Kecamatan Klaten Selatan, Ny Nindya Joko Hendrawan mengatakan, kegiatan ini rapat konsultasi PKK se kecamatan Klaten Selatan, tahun 2020. Dalam rapat konsultasi tersebut ada beberapa agenda, yaitu pertanggungjawaban kegiatan PKK selama tahun 2020. Selanjutnya menyusun program PKK di tahun 2021.

 

“ini rapat konsultasi yang berisi pertanggungjawaban kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2020. Kemudian dilanjutkan penyusunan program kerja di tahun 2021 mendatang” kata Nindya.

 

Untuk program kerja PKK di tahun 2021,akan diarahkan ke pemberdayaan perekonomian, masyarakat di tengah pandemi covid 19. Selain itu Juga akan fokus guna meningkatkan kualitas dan kuantitas kader PKK di desa dan kelurahan diwilayah Kecamatan Klaten Selatan.

 

“Kita juga berharap, semua OPD yang ada di kecamatan untuk membantu kegiatan pkk yang ada di kecamatan Klaten Selatan. Program-program di kecamatan Klaten Selatan yang sudah baik, kita tingkatkan, dan yang belum ada kita adakan” tambah Nindya.

 

Nindya menambahkan, PKK Klaten Selatan sudah melaksanakan louncing baby café, yang merupakan salah satu program Pemkab Klaten dalam rangka pencegahan stunting di kecamatan Klaten Selatan. Walaupun kasus stunting di kecamatan klaten selatan tidak begitu banyak, namun pencegahan secara optimal tetap dilakukan. Selain itu juga dilakukan pendampingan terhadap ibu hamil, baik sejak hamil hingga melahirkan, kader posyandu akan selalu memberi pendampingan, dengan harapan ibu dan bayi dalam keadaan sehat.

 

Camat Klaten Selatan, Joko Hendrawan dalam rapat konsultasi tersebut berpesan kepada pengurus dan anggota PKK di tingkat desa agar ikut berpatisipasi dalam menjaga kondisi dan perkembangan covid di desa masing-masing. Ibu-ibu pkk harus ikut aktif berbagai penaganan dan pencegahan covid 19. TP Pkk diharapkan bekerjasama dengan gugus tugas di masing-masing desa ataupun di tingkat RW.

 

“TP PKK harus ikut aktif dalam pencegahan covid 19, nantinya bisa bekerjasama dengan Gugus Tugas baik yang ada di desa dan kelurahan atau di tingkat RW masing-masing, sehingga penambahan kasus Covid 19 khususnya di kecamatan Klaten Selatan bisa ditekan” kata Joko Hendrawan. 

 

Joko menambahkan jika di tahun 2021 besok, pemkab Klaten akan menambahkan anggaran 10 juta di masing-masing desa, guna meningkatkan perekonomian ibu-ibu pkk di tengah pandemi. Dengan harapan mereka tetap bangkit, tetap bersemangat, dalam rangka pemberdayaan ekonomi di desa masing-masing. Di kecamatan klaten selatan sendiri ada 11 desa 1 kelurahan, tetapi itu nanti masuk dalam dana desa. 

 

“guna meningkatkan perekonomian warga masyarakat, khususnya ibu-ibu TP PKK di tengah pandemi, pemkab Klaten di tahun 2021 akan memberikan anggaran sebesar 10 juta rupiah dari dana desa.” pungkas Joko Hendrawan.(h-d)

Lebih baru Lebih lama