Ringankan Petani Terdampak Banjir, Kadarwati Dewan Jateng dan Bupati Klaten Salurkan 33 ton Benih Padi

 


Kasihinfo.com Gantiwarno – Akibat bencana banjir yang terjadi sejak bulan januari 2021 yang lalu, setidaknya mengakibatkan 1308 hektar sawah terdampak, yang tersebar di 10 kecamatan di Klaten Jawa Tengah.

Guna meringankan beban para petani terdampak, pemerintah, lewat dinas pertanian dan perkebunan Propinsi Jawa Tengah, memberikan bantuan benih padi. Bantuan diberikan oleh Anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah, Hj Kadarwati, Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani serta Ketua DPRD KLaten, Hamenang Wajar Ismoyo kepada perwakilan penerima dari masing-masing kecamatan.

Penyerahan bantuan benih pagi dilakukan di aula kecamatan Gantiwarno, selasa, (16/2/2021) kepada perwakilan penerima dari 5 kecamatan, yaitu kecamatan Gantiwarno, Prambanan, Jogonalan, Wedi dan kecamatan Kalikotes.

Kepala dinas pertanian kabupaten perikanan dan ketahanan pangan Klaten, widiyanti mengatakan, dampak banjir sejak bulan januari yang lalu ada sekitar 1.308 hektar sawah tersebar di 10  kecamatan di Kabupaten Klaten. Kali ini, di aula kecamatan Gantiwarno ini ada 5 kecamatan yang diberikan bantuan benih, dan jenisnya ada inpari 32, inpari 33, dan inpari 42. Jumlahnya benih padi ada sekitar 33-an ton.

“ada sekitar 1308 hektar lahan pertanian yang terdampak banjir. Terima kasih kami ucapkan kepada ibu Bupati, dan ibu Hj kadarwati, karena atas usaha beliau, petani terdampak mendapatkan bantuan benih. Nantinya Petani terserah akan memilih benih padi yang diinginkan” katanya.

Bupati Klaten  Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, bahwa pemerintah hadir untuk maayarakat disaat terdampak bencana salah satunya banjir. Berbagai cara terus dilakukan agar,dampak banjir pada bulan januari yang lalu bisa sedikit berkurang, salah satunya pemberian bantuan benih padi. Bupati mengajak para petani untuk tetap berusaha mengembalikan kejayaan Kabupaten Klaten sebagai lumbung padi.

“ semoga bantuan benih ini bisa sedikit membantu petani terdampak banjir, untuk tanam kembali tanaman padi yang mati terendam air. Mari bahu membahu mengembalikan kejayaan kota Klaten sebagai lumbung padi” kata Bupati.

Sedangkan anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah, Hj Kadarwati mengatakan, usai melihat berbagai dampak banjir yang mengakibatkan ribuan hektar lahan, langsung melakukan koordinasi ke dinas propinsi. Setidaknya ada pemihakkan bantuan benih padi sekitar 33 Ton.

“ kemarin usai mengetahui ada 1308 hektar lahan terdampak banjir, kami langsung koordinasi dengan dinas terkait, Alhamdulillah langsung direspon dan mendapat bantuan 33 ton benih buat 10 kecamatan terdampak” katanya.(h-d)

 

Lebih baru Lebih lama