Unik, pensiunan PNS ini ubah bonsai kelapa jadi kapal

Puji Hartono saat buat bonsai kelapa berbentuk lebah.


Kasihinfo.com Klaten – Masa pandemi yang hanya berdiam di rumah saja, namun justru dimanfaatkan oleh seorang warga di kelurahan Gergunung, Klaten Utara, Klaten Jawa Tengah untuk berkreasi aneka bonsai dari kelapa.

 

Adalah Puji Hartono, yang merupakan pensiunan PNS, yang mengkreasikan bonsai kelapa menjadii berbagai bentuk yang unik. ada bonsai kelapa yang berbentuk beraneka buah,  ada juga berbentuk kura-kura, berbentuk burung, hingga berbentuk kapal.

 

setidaknya ada 25 jenis aneka kreasi bonsai dari kelapa yang sudah dihasilkan oleh puji hartono selama pandemic. pembuatan bonsai sendiri sejak mei 2020.

 

Pembuatan aneka bonsai yang unik tersebut berawal saat ia melihat ada orang Bali berkreasi bonsai dari kelapa,  kemudian Puji Hartono tertarik dan menawarnya, namun tidak berhasil. Berawal dari itulah, ia justru membuat sendiri dan berlanjut hingga kini, terlebih lagi, di masa pandemic, banyak waktu dirumah saja, sehingga menjadi lebih fokus untuk berkarya.

 

“awalnya itu saya melihat di tv, di bali ada seorang yang berkarya membuat bonsai dari kelapa. Setelah mendapat kontak, saya hubungi dan melakukan penawaran, namun tidak berhasil. Nah dari situ saya berkiran untuk membuat sendiri dan berhasil hingga saat ini” katanya.

 

Untuk harga yang ditawarkan sendiri, kisaran 500 ribu rupiah hingga 1,5 juta rupiah, tergantung keunikan dan bentuk bonsai.  jika ada yang mau membeli bonsai karyanya,  hartono menyarankan untuk datang kerumahnya, dan jarang dipaketkan, karena saat ada yang membeli, puji hartono juga akan menjelaskan bagaimana cara merawat bonsai tersebut .

 

“Kalau mau membeli saya suruh dating kerumah mas, selain bias melihat barang secara langsung, saya akan memberitahu bagaimana cara merawat bonsai yang akan dibeli” imbuhnya.

 

 Menurut puji Hartanto, jenis bonsai ya ng paling mudah ia buat selama ini yaitu bonsai kelapa yang berbentuk burung hantu. Sedangkan bonsai yang paling sulit berbentuk kapal.(h-d)


Lebih baru Lebih lama