Keterlibatan Kesenian Membangun Potensi Daerah

Dalang Ki Tri Winarto, Pimpinan Lembaga Seni Sanggar Kayun, Pati, Jawa Tengah



Kasihinfo.com Pati, Jateng- Potensi daerah terus menjadi bahan diskusi di berbagai daerah, lantas bagaimana keterlibatan dunia kesenian untuk mengembangkan potensi daerah. 


Salah satu tokoh seniman di dunia pedalangan wayang Ki Tri Winarto, Dalang Wayang asal Pati mengatakan dunia kesenian dalam membangun potensi daerah sangat berkorelasi.


"Kesenian daerah memang gerbang paling tepat untuk ikut bersyiar tentang hal apapun. Karena dengan materi kalimat ataupun gerakan  mampu menterjemahkan potensi yang ada di wilayahnya., " Kata Dalang Wayang Kulit  Ki Tri Luwih Winarto asal Pati, Jawa Tengah (3/10/2021)


Terkhusus bidang kata wayang ludruk-ketoprak bidang gerakan tari dan sebagainya. Seni budaya Nusantara adalah ujung tombak menjadi Negara yang baldatun Thoyyibatun warobbun Ghofur.




Indonesia terbentuk dari sekian banyak budaya'. Tiap daerah punya kesenian (ratusan/mgkn ribu kesenian yg ada). Dlm tiap kesenian sudah tertata secara tidak langsung ditiap daerahnya.


Pemerintah hanya sebatas memberikan ruang dan waktu saja untuk bangga dengan  seni daerahnya masing- masing.


Keterlibatan  pemerintah untuk mengusung kesenian  akan menambah wibawa dan keagungan di wilayahnya.


"Saya ibaratkan kesenian  itu Frame / wadah dan isinya adalah sekian banyak kepentingan dan sekian banyak kebutuhan," tandasnya.


Pihaknya yakin jika Indonesia mau nguri- ngiri kebudayaan atau melibatkan para seniman, pastilah Indonesia kembali Jaya seperti masa dahulu. ( Taufiq Z)

Lebih baru Lebih lama