Media Punya Peranan Penting Membangun Potensi Daerah Dan Desa

 

Didik Rudiyanto, SH MH /ketua GAKI (gerakan anti korupsi independent)dan advokat


Kasihinfo.com Solo - Soloraya memiliki berbagai potensi yang besar. Soloraya yang meliputi Solo, Sukoharjo, Klaten, Wonogiri, Sragen, Karanganyar .


Potensi daerah tersebut perlu untuk  dikembangkan seperti halnya di Sukoharjo seperti Destinasi Wisata Omah Tiwul dan Jamu Tradisionalnya di Desa Ngreco, Kecamatan Weru Sukoharjo, belum lagi di Wisata Gitar Desa Ngrombo, Baki, Sukoharjo, Luriknya di Desa Tawang, Weru, Sukoharjo, Gamelan Wirun Mojolaban yang sudah menembus pasar luar negeri.Demikian yang diungkapkan Didik Rudiyanto SH MH Ketua umum DPN GAKI ( Gerakan Anti Korupsi Independent) Nasional  Sabtu ( 2/9/2021) di sela- sela kesibukannya di Solo. 


Masih dalam lanjutnya mengatakan Di Klaten ada destinasi terbaru yang lagi viral seperti destinasi wisata di Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, potensi kuliner Angkringan yang menjadi ikon kuliner Desa  Ngerangan Bayat belum lagi di Boyolali susu, sukoharjo gamelan wirun mojolaban yang sudah menembus pasar luar negeri, Di Wonogiri pariwisata goa dan wisata waduk Di  Sragen batiknya,, Karanganyar wisata alam asri di sport Paralayang di Kemuning,, Candi Cetho,, Candi Sukuh di  Solo batiknya, 


"Intinya peran media sangat  penting menggali potensi untuk dipromosikan," Ujarnya 


Saat ditanya kenapa Potensi Daerah harus dikembangkan ? Pihaknya menjawab semua itu untuk peningkatan PAD, !(Pendapatan Asli Daerah) biar masyarakat juga bisa berkembang dengan  tumbuhnya ekonomi di daerah.


Ia juga menambahkan pentingnya  peranan media tanpa peran media susah mengenalkan potensinya,, harus kemitraan dengan media baik media online,media konvensional, media cetak,  media digital  berbagai channel di YouTube , para creator video klip  di platform media sosial  yang memilki kepedulian tentang potensi daerah.


Pihaknya berharap kepada pemangku kebijakan   baik pusat, daerah, desa harus mendukung  pengembangan potensi tersebut untuk  peningkatan ekonomi kerakyatan daerah. ( Fik)

Lebih baru Lebih lama