Pilih Ketua OSIS, ratusan siswa SMPN 2 Klaten lakukan pencoblosan

 

Siswa SMPN 2 Klaten saat melakukan pencoblosan memilih ketua Osis sekolah setempat. Senin, (1/11/2021)


Kasihinfo.com Klaten - Guna memberikan pembelajaran secara politik terhadap para siswa, pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah (osis) di SMPN  2 Klaten, ratusan siswa di sekolah setempat melakukan pencoblosan, senin, (1/11/2021).

 

Proses pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah (osis) dilakukan layaknya pemilu pada umunya. siswa yang datang dan mengisi absensi, kemudian masing-masing siswa mendapatkan surat suara yang berisikan nama dan foto para kandidat. tidak lupa para kandidat juga duduk berdampingan di lokasi pemilihan,  sehingga para siswa mengetahui mana kandidat ketua osis yang akan mereka pilih.

 

usai melakukan pencoblosan,  surat suara di masukkan ke dalam kotak dan tidak lupa jari para siswa dikasih tinta sebagai tanda sudah melakukan pemilihan.

 

Bagian kesiswaan smpn 2 klaten,  Subroto mengatakan, pemilihan ketua osis sengaja digelar layaknya pilkada tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan politik serta mendidik para siswa agar memberikan hak suaranya dalam memilih pemimpin sesuai hati nurani serta harapan mereka.

 

“pemilihan ketua osis kali ini memang sengaja dikemas layaknya pemilu pada umunya, guna memberikan pengetahuan politik pada anak didik. Agar ketika mereka benar-benar mengikuti pemilu mendatang, bisa memiliki gambaran proses penggunaan hak mereka dalam pemilu, dari awal hingga akhir pelaksanaa pemilu” katanya.

 

Subroto menambahkan, seleksi untuk ketua osis tersebut ada 5 (lima) siswa dan setiap siswa memilih dua perwakilan kelas VII dan VIII.  sementara untuk kelas VII tersebut sebagai bentuk kaderisasi untuk pemilihan berikutnya.

 

Dikarenakan masih dalam masa pandemi, proses pelaksanaan pemilihan pemilihan dilaksanaan dengan prokes secara ketat.  Selain itu pelaksanan pemilihan dilakukan selama dua hari, guna meminimalisir kerumunan.

 

Salah satu siswi kelas VII C, Amelia mengaku senang bisa ikut berpartisipasi dalam pemilihan ketua osis smpn 2 klaten. walupun baru pertama kali mengikuti pemilihan dengan model layaknya pilkada, namun ia bisa mengikuti dengan lancar.

 

“baru pertama kali mas saya mengikuti proses pemilihan layaknya pemilu pada umumnya. Semoga siapa saja yang terpilih nantinya bisa membawa osis sekolah setempat untuk lebih baik lagi. Dengan pencoblosan seperti pemilu, saya jadi mempunyai gambaran bagaimana cara dan prosesnya, jika nantinya saya benar-benar sudah mengikuti pelaksanaan pemilu mendatang” katanya. (h-d)

Lebih baru Lebih lama