Jumat Tadarusan, 93 ASN Klaten Khusyuk Berlatih Baca Al Quran

 


                                                                                                                                                                       Kasihinfo.com Klaten – Menyemarakan bulan suci Ramadhan sebanyak  93 aparatur sipil negara (ASN) dari berbagai instansi di lingkungan Pemkab Klaten tampak  khusyuk berlatih membaca al quran di acara Tadarus Bareng ASN Klaten  secara daring (Jumat, 8/4). 

Acara tadarusan perdana itu menjadi salah satu program Pengurus Takmir Masjid Nur Azizah komplek Setda Klaten dimulai  dari pukul 07.30 selesai 08.30 WIB.  


Menggunakan musyaf  atau handphone yang terisi konten al quran, para ASN Klaten itu berlatih cara membaca kitab suci al quran, mulai hukum bacaan sampai pengucapan masing-masing huruf.


Rahmad Syahbani (52) dari Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Klaten sekaligus sebagai guru pengajar acara tadarusan saat ditemui (Jumat, 8/4) di Ruang Zoom Meeting Dinas Kominfo Klaten menjelaskan kalau belajar membaca al qurán tidak boleh malu-malu dan harus diulang-ulang.


“Membaca al quran itu ada hukum dan kaidahnya. Misalnya terkait panjang pendeknya istilah adalah mad thobi’i.  Ada hukum tajwid terkait perubahan bacaan tiap huruf atau cara pengucapannya yang istilahnya disebut mahrujul huruf.  Semua perlu dipelajari.  Belajar membaca la quran itu itu kuncinya tidak boleh malu dan pengucapannya harus berlatih diulang-ulang” katanya.


Terkait tips benar membaca al quran, Rahmad Syahbani mengingatkan agar pengucapannya tidak terburu-buru. 


“Tiap huruf itu kadang perbedaan pengucapan itu sangat tipis, maka membacanya harus cermat. Kalau baca terlalu cepat nanti banyak yang salah pengucapan.  Di awal tadarusan ASN Klaten itu dimulai dengan membaca surat al fatekhah dan 10 ayat surat al baqarah” tambah Rahmad.


Terkait kelanjutan program tadarusan ASN Klaten, Ketua Takmir Masjid Nur Azizah Setda Klaten Amin Mustofa menjelaskan akan terus dikembangkan.  Harapan kegiatan cinta al quran ini tidak hanya berhenti di bulan Ramadhan saja.


“Kami ingin membangun gerakan berlatih mencintai al quran.  Nama sudah cinta ya nanti ingin selalu pengin dekat al quran.  Ikhtiarnya awalnya dengan acara Tadarus Bersama ASN Klaten ini yang prakarsanya dari Pengurus Takmir Masjid Nur Azizah bidang imaraoh atau pendidikan.  Selain itu, kita juga ingin menyemarakan bulan suci Ramadhan.  Kegiatan tadarusan ini akan dilaksnakan setiap hari Jumat.  Acara dimulai pukul 07.30 sampai 08.30.  Semoga nanti kedepannya peserta bisa lebih banyak” harapnya.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Lebih baru Lebih lama