Sebar Video Hoax Klitih di Klaten, Pemilik Akun IG Diamankan Polisi

 



Kasihinfo.com Klaten – Beredarnya sebuah konten video menyesatkan yang membuat keresahan di masyarakat terkait hoax klitih di Klaten, Polres Klaten bergerak cepat.

 

Dimana beredar sebuah video, pertama kali diunggah di sebuah akun tiktok @FbrrzrYK dan akhirnya viral setelah di-repost oleh salah satu akun IG. Dalam video tersebut digambarkan seolah-olah ada kelompok klitih yang berkeliaran di seputaran Kab. Klaten.

 

"Memang ada sebuah postingan video terkait klitih dan ada masyarakat yang menyampaikan ke kita." Ungkap Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH melalui Kasi Humas Iptu Abdilah SH., MH

 

Iptu Abdilah SH MH menjelaskan bahwa setelah menerima laporan, jajaran Polres Klaten kemudian melakukan penyelidikan di lapangan. Akhirnya didapat kesimpulan bahwa tidak ada kejadian klitih seperti yang disebutkan dalam video. Didapati juga sebuah fakta bahwa video tersebut adalah video lama yang diunggah kembali.

 

"Anggota Reskrim dan Polsek Klaten tadi sudah cek di lokasi yang disebutkan dalam video. Dari saksi di sekitar TKP menyebutkan bahwa video diperkirakan diambil kurang lebih 3 bulan yang lalu atau sebelum proses rehab kantor Indolila. Petunjuknya dilihat dari banner indolilla yang terekam di video yang ternyata sudah dilepas pada saat proses rehab."

 

Selain menyelidiki di lokasi, Polres Klaten juga memeriksa salah satu admin akun IG yang memviralkan video tersebut. Admin IG yang berinisial AD (27 tahun) ini kemudian mengaku melakukan repost tanpa memperhatikan kebenaran isi video. Ia sempat menghapus postingan setelah dihubungi salah satu followernya yang menyatakan bahwa video tersebut adalah video lama, namun postingan repostnya terlanjur menyebar ke masyarakat

 

"AD sudah mengaku bersalah dan meminta maaf kepada masyarakat atas keresahan yang ditimbulkan." Tutupnya

Lebih baru Lebih lama