Kadarwati dorong BUMDes maju dan berkembang



Kasihinfo.com Klaten -  Salah satu anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Kadarwati mendorong  Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) untuk mampu menjadi sebuah unit usaha yang maju dan berkembang cepat. 


Menurutnya BUMDes bisa maju dan berkembang asal dikelola dengan manajemen secara profesional, transparan dan akuntabel, dan pihaknya akan terus mendorong agar bisa tercipta hal tersebut. 


"BUMDes bisa berkembang ataupun maju bila dikelola secara profesional, seperti manjemen keuangan harus bisa dipilahkan antara milik pribadi dan milik unit usaha, sehingga akan diketahui secara gamblang baik masuk dan keluarnya keuangan." Kata Kadarwati disela pelaksanaan talk show di rspd klaten. Kamis (19/5/2022). 


Dirinya menambahkan selain manajemen keuangan juga manajemen pemasaran produksi yang telah dihasilkan dari BUMDes ini bisa melalui sarana apa saja sehingga produk yang dihasilkan bisa diketahui oleh publik. 


"Dan yang tidak kalah pentingnya melihat potensi dan bahan baku yang dimiliki daerahnya, misalnya saja di daerah Kemalang  yang memiliki sumber bahan baku pasir dan batu, BUMDes di daerah tersebut bisa memproduksi batako, karena bahan baku relatif mudah didapat serta harga pastinya bisa dijangkau serta bisa memberdayakan warga sekitar." Jelasnya


Selama ini kita sudah mendorong pemerintah provinsi untuk memberikan kepemihakan, jika karena terbentur dengan anggaran, bisa dilakukan dengan pelatihan pelatihan terlebih dahulu dan bila mampu dengan memberikan bantuan stimulan modal


"Sekali lagi jika ingin BUMDes bisa maju dan berkembang harus dikelola secara profesional, transparan jika itu dilakukan saya yakin BUMDes akan maju dan berkembang pesat, namun jika itu tidak dilakukan jelas itu akan menghambat." Tegas Kadarwati ( fat)

Lebih baru Lebih lama